_
Home / Ragam / Kesehatan / Penyuka Minuman Beralkohol, Siap-siap Risiko Stroke Mengintai!
Ilustrasi

Penyuka Minuman Beralkohol, Siap-siap Risiko Stroke Mengintai!

Waspada.co.id – Alkohol memang membuat penikmatnya kecanduan. Tidak sedikit orang yang bisa lepas penuh dari jeratnya. Tampaknya Anda harus pikir-pikir lagi jika ingin hidup lebih sehat.

Ada cukup fakta untuk membuktikan bahwa mengonsumsi alkohol secara berlebihan berbahaya bagi tubuh. Sebuah studi baru oleh para peneliti yang berbasis di Inggris dan China telah menyimpulkan bahwa minum alkohol, baik dalam skala ringan maupun sedang, dapat meningkatkan risiko stroke.

Dilansir The Indian Express, untuk sampai pada kesimpulan, para peneliti memeriksa 500.000 orang China untuk jangka waktu panjang, yakni lebih dari 10 tahun. Studi tersebut bahkan telah dibahas dalam sebuah laporan di BBC yang menyatakan bahwa konsumsi alkohol terlalu sering harus dibatasi dan hasil penelitian ini berlaku untuk semua populasi.

Para peneliti dari berbagai universitas dan akademi Ilmu Kedokteran China menyimpulkan bahwa satu atau dua minuman alkohol setiap hari meningkatkan risiko stroke 10%-15%. Jika seseorang minum empat gelas sehari, misalnya, risiko yang menyerang pun meningkat hingga 35%.

Profesor di Universitas Cambridge, David Spiegelhalter, menyatakan bahwa setiap setengah botol anggur yang diminum setiap hari meningkatkan risiko stroke sebesar 38%. “Alkohol kira-kira merupakan efek berlawanan dari penggunaan statin, yakni obat yang diresepkan dokter untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah serangan jantung dan stroke,” kata David. (okz/data1)

Check Also

5 Jurus Pria Untuk Kulit Lebih Segar Dengan DEFY

JAKARTA, WOL – Pria umumnya cuek dengan kebersihan wajah. Mereka hanya menggunakan sabun dan air ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: