Home / Ragam / Kesehatan / Penting! Ini Manfaat dan Cara Mencuci Hidung yang Benar
Ilustrasi (Foto: Laserhairremoval)

Penting! Ini Manfaat dan Cara Mencuci Hidung yang Benar

agregasi
agregasi

 

SELAMA ini mungkin sebagian besar dari masyarakat tidak sadar ada sebuah kebiasaan yang terlupakan, yaitu mencuci hidung. Terkesan sepele memang, karena biasanya hanya muka dan tangan saja yang harus rutin dan secara teratur dicuci.

Nyatanya, hidung sebagai salah satu organ tubuh manusia pun perlu dan penting untuk dicuci secara rutin dan teratur. Pentingnya mencuci hidung dilakukan agar manusia dapat bernapas lebih sehat. Namun, sayangnya kebiasaan kepedulian akan kebersihan dan kesehatan hidung belum membudaya di kalangan masyakarat.

Dengan mencuci hidung secara teratur setiap harinya, manusia dapat membebaskan aliran sinus dari allergen, bakteri, dan virus. Tidak hanya itu saja, hidung yang kering juga akan menjadi lembap, jalan napas yang terganggu dapat lebih bersih, membersihkan hinggus, dan hal lainnya sehingga bisa bernapas lebih sehat.

“Untuk menjaga kesehatan hidung sehari-hari dapat dilakukan pencucian hidung dengan larutan isotonik. Sementara itu, untuk menjaga kelembapan hidung, maka larutan isotonik dapat dipakai minimal satu kali sehari,” papar Dr. S. Hendradewi SpTHT (K), MSi Med, dalam konferensi pers Bernapas Lebih Sehat Kampanye #cucihidungsetiaphari, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Lebih lanjut, terkait dengan larutan isotonik yang digunakan untuk mencuci hidung, dokter ahli THT yang akrab disapa dokter Dewi ini menjelaskan, sebaiknya menggunakan larutan isotonik semprot, atau bisa juga menggunakan air yang dilarutkan garam. Namun, jika meracik larutan air dan garam sendiri harus berhati-hati, karena air yang digunakan harus steril dan takaran garamnya harus sesuai dengan anjuran dokter.

“Cara mencucinya, untuk lubang hidung sebelah kanan, miringkan kepala ke kiri, tahan napas lalu semprot lubang hidung sebelah kanan. Begitu pun pada lubang hidung sebelah kiri. Kalau benar, cairan isotonik akan keluar dari lubang hidung sebelah kiri dan sebaliknya,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya Dokter Dewi berpesan agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan hidung dengan cara mencuci hidung secara teratur dengan larutan isotonik minimal sekali sehari, lindungi hidung saat beraktivitas, hindari penyebab alergi, ciptakan lingkungan udara yang bersih, dan jangan mengorek hidung dengan tangan.

Check Also

Awas, Susu Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan Anak Anda kalau…

  SEBAGAI orang tua, tentunya Anda ingin memberikan berbagai macam hal yang terbaik untuk tumbuh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: