Home / Ragam / Gaya Hidup / Pengobatan Zaman Dahulu yang Tidak Masuk Akal, Salah Satunya dengan Coklat!
Ilustrasi

Pengobatan Zaman Dahulu yang Tidak Masuk Akal, Salah Satunya dengan Coklat!

agregasi
agregasi

 

PERAWATAN medis dan penyembuhan penyakit saat ini memang sudah sangat maju. Hampir setiap masalah kesehatan dapat diatasi dengan obat-obatan. Tetapi masih ada pula orang yang memilih untuk menggunakan cara tradisional karena telah diajarkan turun menurun.

Ya, zaman dahulu orang memang memiliki kepercayaan tertentu untuk menyembuhkan penyakitt. Sayangnya, tidak semuanya yang mereka percayai itu benar. Melansir Wonders List, Senin (28/5/2018), inilah perawatan menarik yang dipercaya pada masa lampau:

1. Jenggot menjaga pria tetap sehat

Di zaman Victoria, dokter mendorong para pria untuk memiliki jenggot sebagai metode perlindungan dari penyakit karena kualitas udara yang buruk. Janggut tebal diyakini bertindak sebagai semacam filter. Selain itu, jenggot juga diyakini bisa merilekskan tenggorokan.

Jenggot (Birchbox)

2. Cokelat dapat menyembuhkan segala penyakit

Zaman dahulu diyakini ada temori humorisme dimana tubuh manusia terdiri dari 4 humor. Apabila salah satunya rusak, maka dapat menyebabkan penyakit berupa panas atau dingin dan basah atau kering. Penyakit itu harus diobati dengan cara berbeda. Pada saat itu kandungan kakao pada cokelat dianggap sebagai obat praktis karena dapat disiapkan dalam bentuk panas dan dingin.

3. Penyakit pada organ dapat disembuhkan dengan tumbuhan yang rupanya mirip

Di masa lalu orang percaya bahwa tanaman, kacang-kacangan, dan sayuran yang menyerupai bagian tubuh atau organ tertentu dapat benar-benar menyembuhkan penyakit di bagian tubuh atau organ tersebut. Sebagai contoh, akar darah dengan ekstrak merahnya dianggap dapat memperbaiki masalah yang berkaitan dengan darah.

4. X-Ray dapat menghilangkan rambut yang tidak diinginkan

X-Ray atau sinar-X pertama kali digunakan dalam dermatologi pada 1896 untuk mengobati pertumbuhan rambut yang menutupi punggung. Setelah itu, X-Ray terlihat sebagai pengobatan yang sangat baik untuk eksim, jerawat, dan rambut yang tidak diinginkan. Sayangnya X-Ray juga bisa menyebabkan kulit terbakar, dermatitis, dan pertumbuhan kanker.

X ray (freepik)

5. Duduk di dalam paus yang membusuk dapat menyembuhkan rematik

Percaya atau tidak, dahulu orang yang terkena rematik serius disarankan untuk duduk di dalam perut ikan paus yang telah mati selama sekira 30 jam. Cara itu diyakini bisa menghilangkan gejala penyakit tersebut selama 12 bulan. Alasannya karena bangkai ikan paus memiliki sifat penyembuhan dari gas dan asap yang dihasilkan.

6. Membersihkan wajah dengan kain saat bintang jatuh dapat menghilangkan jerawat

Pada abad ke-4 Masehi, para dokter Romawi memberikan pengobatan yang aneh bagi mereka yang menderita jerawat yaitu pasien harus menyeka wajah dengan kain sambil menonton bintang jatuh. Jika semua dilakukan dengan benar, jerawat akan ikut hilang dari wajah dan tubuh. Perawatan ini kemudian muncul kembali selama abad pertengahan.

Handuk Panas untuk Muka (Freshnfitworld)

7. Rokok asma dapat menyembuhkan kondisi pernapasan

Di akhir abad ke-19 rokok asma sangat populer di Amerika dan Eropa. Rokok tersebut diyakini dapat menyembuhkan kondisi pernapasan seperti asma, bronkitis kronis, batuk rejan, kolera, dan hay fever. Rokok itu tidak mengandung tembakau dan menghirup ramuannya memberikan efek halusinogen yang membantu untuk menghilangkan pikiran tentang penyakitnya. Namun rokok asma mengandung Belladonna yang bisa mengakibatkan efek samping seperti mulut kering, peningkatan denyut jantung, pupil membesar, mual, sakit kepala dan bahkan kematian.

8. Memakai kalung bunga dapat menyembuhkan sakit kepala

Pengobatan kuno untuk sakit kepala dari Mesir menyarankan pasiennya untuk menyatukan daun semak chamaedaphne Alexandrian dan karangan bunga dari mawar atau myrtle untuk dibentuk sebagai kalung. Kalung tersebut diyakini dapat meringankan sakit kepala dari aromanya.

Check Also

Demensia, Bukan Hanya Sekadar Pikun

Waspada.co.id – Selama ini, demensia dikenal dengan penyakit pikun atau penyakit orang tua. Anggapan ini ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: