_
Home / Ragam / Kesehatan / Penggunaan Ponsel Pintar Berlebihan Berisiko Obesitas
ilustrasi

Penggunaan Ponsel Pintar Berlebihan Berisiko Obesitas

Waspada.co.id – Saat sedang menjaga atau menurunkan berat badan, asupan kalori perlu diperhatikan dengan seksama. Selain asupan kalori, penggunaan ponsel pintar ternyata juga perlu diperhatikan demi menjaga berat badan.

Studi terbaru yang dilakukan terhadap 1.060 mahasiswa di Simon Bolivar University menunjukkan bahwa penggunaan ponsel pintar yang berlebih berkaitan dengan risiko obesitas yang lebih tinggi. Studi ini dilakukan sejak Juni 2018 hingga Desember 2018.

Seperti dilansir WebMD, partisipan yang menggunakan ponsel pintar selama lima jam atau lebih per hari memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi. Kelompok ini mengalami peningkatan risiko obesitas sebanyak 43 persen.

Studi ini juga menunjukkan bahwa individu yang menggunakan ponsel pintar selama lima jam atau lebih per hari cenderung kurang melakukan aktivitas fisik. Kelompok ini juga cenderung lebih banyak mengonsumsi minuman bergula, makanan cepat saji, makanan manis, dan makanan ringan.

“Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan ponsel pintar memfasilitasi perilaku sedentari,” terang salah satu peneliti dari Simon Bolivar Mirary Mantilla-Morron.

Mirary mengatakan penggunaan ponsel pintar yang berlebihan akan mengurangi kesempatan penggunanya untuk emlakukan aktivitas fisik. Pola hidup sedentari atau kurang aktivitas fisik dan pola makan yang kurang baik dapat meningkatkan beragam risiko penyakit.

Beberapa contoh risiko penyakit yang dapat meningkat adalah diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker. “(Juga) ketidaknyamanan osteoarticular dan gejala muskuloskeletal,” ungkap Mirary.

Mirary mengatakan temuan dalam studi ini menyoroti penyebab utama dari obesitas. Obesitas itu sendiri, lanjut Mirary, merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit kardiovaskular dan beberapa penyakit berbahaya lain.

Mirary menambahkan, temuan ini juga menyoroti berapa lama waktu penggunaan ponsel pintar yang dibutuhkan untuk bisa meningkatkan risiko obesitas. Oleh karena itu, Mirary menilai penggunaan ponsel pintar yang berlebih perlu dihindari.

“Secara khusus, penggunaan ponsel yang terlalu lama berkaitan dengan terjadinya obesitas,” jelas Mirary. (wol/rol/data2)

Check Also

Menanam Tanaman Lidah Buaya Ternyata Kurangi Dampak Polusi

Waspada.co.id – Berdasarkan pantauan AirVisual beberapa waktu lalu, Jakarta dinobatkan menjadi kota dengan polusi udara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.