Newsticker
WOL / Ragam / Kesehatan / Penelitian Terbaru: Bakteri di Mulut Sebabkan Migrain
Ilustrasi (Foto: Indiatimes)
Ilustrasi (Foto: Indiatimes)

Penelitian Terbaru: Bakteri di Mulut Sebabkan Migrain

WOL – Merasakan sakit kepala sebelah atau migrain tentu membuat aktivitas keseharian menjadi berantakan. Namun siapa sangka penyebab migrain tak lain berasal dari makhluk super kecil di mulut, yaitu bakteri.

Seperti dilansir LiveScience, hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal mSystem menyebutkan bahwa ada lebih banyak bakteri di mulut penderita migrain yang mampu mengubah senyawa kimia makanan, macam nitrat.

Nitrat terdapat di beberapa jenis makanan antara lain daging dan sayuran. Beberapa sayuran yang cenderung memiliki kandungan nitrat tinggi adalah bayam, bit, kubis, brokoli, dan wortel. Untuk kandungan nitrat di daging, diketahui lebih banyak ditemukan di daging yang mengalami proses pengolahan seperti sosis dan kornet.

Para peneliti menduga, banyaknya jumlah bakteri pengubah nitrat di mulut berkontribusi memunculkan migrain bagi sebagian orang. Bakteri ini membantu mengubah nitrat menjadi oksida nitrat yang diduga berandil memicu sakit kepala.

“Bakteri dalam rongga mulut dapat berkontribusi pada kandungan nitrat oksida yang memicu migrain,” kata penulis dalam penelitian tersebut.

Sekalipun telah menemukan bukti keterkaitan antara keberadaan bakteri di mulut dengan kemunculan migrain pada analisis 172 sampel mulut orang sehat yang berpartisipasi dalam American Gut Project, para peneliti belum mendapati bukti mengenai jenis bakteri yang berperan memicu sakit kepala tersebut.

Para penulis mengatakan penelitian tersebut dapat mendorong terbitnya kajian lebih lanjut tentang mekanisme bakteri mulut yang dapat memicu migrain.

Untuk saat ini, Antonio Gonzales, wakil University of California San Diego yang terlibat dalam penelitian, mengatakan bahwa orang yang memiliki migrain baiknya menghindari nitrat dalam asupan mereka. (cnnindonesia/ags/sari/data2)

Baca Juga

Istimewa

Hati-hati, Salah Pengolahan Salad Bisa Jadi Sarang Bakteri

WOL – Bagi para pelaku diet maupun hidup sehat, salad merupakan makanan yang cukup populer ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.