Home / Ragam / Kesehatan / Peneliti Menyebut 4 Cangkir Kopi Sehari Tingkatkan Kesehatan Jantung
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Peneliti Menyebut 4 Cangkir Kopi Sehari Tingkatkan Kesehatan Jantung

Waspada.co.id – Pro dan kontra mengenai dampak kopi terhadap tubuh terus berkembang. Sebelumnya, kopi disebut berpotensi meningkatkan risiko penyakit kanker. Namun, penelitian terbaru menyebut kopi bermanfaat meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian yang baru saja dipublikasikan di PLOS Biology menyimpulkan mengonsumsi empat cangkir kopi dalam sehari dapat membantu sel kardiovaskular dari kerusakan.

Para peneliti dari Heinrich-Heine-University dan IUF-Leibniz Research Institute, Environmental Medicine di Düsseldorf, Jerman, menemukan kafein dapat meningkatkan kesehatan sel-sel yang melapisi pembuluh arteri dan vena, sehingga dapat memperkuat kemampuan sel untuk memperbaiki diri.

Dalam studi yang dikembangkan pada tikus, peneliti menemukan kafein dapat melindungi kerusakan jantung pada tikus pra-diabetes, obesitas, dan tikus tua.

Menurut studi itu, kafein menginduksi pergerakan protein yang disebut p27 ke mitokondria. Alhasil, pergerakan itu dapat melindungi sel-sel otot jantung dari kematian sel dan membantu memperbaiki otot jantung.

“Hasil studi kami menunjukkan aksi baru terhadap kafein yang melindungi dan memperbaiki otot jantung melalui aksi mitokondria p27,” kata peneliti Profesor Judith Haendeler, dikutip dari The Independent, Sabtu (23/6).

Haendeler menjelaskan hasil ini dapat menjadi salah satu strategi untuk melindungi jantung dari kerusakan.

Penelitian itu bahkan menyarankan orang tua atau lanjut usia untuk meminum kopi atau minuman berkafein lainnya karena bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, peneliti juga menyimpulkan takaran empat cangkir kopi merupakan ukuran yang optimum bagi manusia.

Diberitakan The Independent, profesor dari University of Sheefield Tim Chico menilai perlu pembuktian lebih lebih lanjut pada kopi yang bermanfaat bagi jantung.

“Hasil penelitian ini sangat menarik, tapi perlu dikonfirmasi dalam percobaan klinis sebelum kita dapat mengatakan kafein bermanfaat bagi jantung. Saya tidak berpikir orang harus meminum kopi setelah mengetahui penelitian ini, tapi orang yang sudah meminum kopi dapat yakin bahwa kopi bermanfaat,” tandasnya. (cnnindonesia/ags/data1)

Check Also

Khasiat Luar Biasa Campuran Kopi dan Teh Hijau

Waspada.co.id – Teh hijau dan kopi memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Banyak penelitian mengatakan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: