Home / Ragam / Kesehatan / Olahraga Ringan bagi Penderita Skoliosis Bisa Stabilkan Kelainan Tulang
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Olahraga Ringan bagi Penderita Skoliosis Bisa Stabilkan Kelainan Tulang

agregasi

 

PASIEN skoliosis dianjurkan untuk tetap aktif bergerak. Ini merupakan salah satu trik yang bisa menstabilkan kondisi kelainan tulang yang dialaminya.

Bila seseorang mengalami skoliosis pada dasarnya terjadi kelainan postur tulang yang bentuknya tidak sama. Misalnya tulang bahu tinggi sebelah atau lebih terlihat menonjol.

Supaya postur tulang tetap simetris, pasien harus tidak bergerak aktif. Jangan pantang olahraga karena justru menstabilkan kondisi kelainan tulang yang Anda alami.

“Orang skoliosis harus olahraga sebanyak mungkin. Secara medis dan riset justru tambah bermanfaat,” ujar Ahli Fisiologi dan Anatomi Labana Simanihuruk BsC dari Skoliosis Care, ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Labana menyarankan, pasien skoliosis harus memperbanyak jalan kaki intens. Paling tidak lakukan selama 40 menit setiap hari.

Pastinya kalau jalan kaki orang selalu melakukan. Ini hasilnya jauh lebih efektif menstabilkan gejala skoliosis yang dialami pasien.

“Pasien skoliosis butuh memperkuat intensitas otot agar tubuhnya tetap fit. Salah satunya yakni dengan olahraga, seperti jalan kaki yang intens,” terang Labana.

Nah, bagaimana dengan yoga, apakah kegiatan ini baik untuk penderita skoliosis? Rupanya, menurut Labana, pasien skoliosis dengan kurva di atas 20 derajat hampir mustahil bisa menahan atau memperbaiki postur tubuh.

Termasuk juga berenang, berdasarkan riset kurang efektif menjaga kestabilan tubuh pasien skoliosis dibandingkan dengan rutin jalan kaki.

Check Also

Resep Bakso Goreng Saus Bolognaise dan Sweet Spicy Korean Chicken Wings untuk Akhir Pekan Spesial

  MOMS, mumpung lagi libur, bikin kudapan spesial yuk untuk keluarga di rumah. Kalau bingung ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: