Home / Fokus Redaksi / Nonton 7 Film Kemerdekaan Ini untuk Bangkitkan Rasa Nasionalisme
Film Soegija (ist)

Nonton 7 Film Kemerdekaan Ini untuk Bangkitkan Rasa Nasionalisme

Agregasi

 

SEMANGAT Nasionalisme harus selalu dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia. Terlebih di momen peringatan hari kemerdekaan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memupuk semangat tersebut. Salah satunya adalah menonton film tentang kemerdekaan.

Berikut sejumlah film yang bisa menjadi pilihan untuk ditonton seperti yang dirangkum Okezone, Jumat (17/8/2018) :

Merah Putih

Diperankan oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Soerono, dan Darius Sinathrya, film ini mengisahkan perjuangan lima orang prajurit yaitu Amir, Tomas, Dayan, Soerono dan Marius yang berjuang melawan tentara Belanda pada tahun 1947. Kelimanya berasal dari latar belakang, suku, dan agama yang berbeda. Suatu ketika, Barak Bantir di Semarang, Jawa Tengah tempat mereka berlatih militer diserang oleh tentara Belanda. Semua prajurit terbunuh, namun Amir, Tomas, Dayan dan Marius berhasil selamat. Mereka pun akhirnya bergabung dengan pasukan gerilya di pedalaman Jawa dan kemudian menemukan strategi untuk mengalahkan pasukan Belanda.

Darah Garuda


Ini adalah kelanjutan dari film Merah Putih. Film ini mengisahkan empat prajurit yang berusaha menyelamatkan para perempuan yang mereka cintai. Mereka terhubung dengan kantor pusat Jendral Sudirman dan diberi sebuah tugas sangat rahasia yaitu serangan gaya komando pada lapangan udara untuk memberikan perlawanan dan membalas perbuatan Jendral Van Mook.

Dalam menjalankan misinya, mereka bertemu dengan kelompok lain dari separatis Islam, juga sekutu baru, maupun yang berpotensi melakukan pengkhianatan dengan menjadi mata-mata kolonial, serta musuh lama yang bertanggung jawab atas intelijen Belanda. Para prajurit ini kemudian terkepung oleh musuh dari luar dan dari dalam. Namun mereka tetap bersatu dan saling percaya karena berjuang demi mengejar satu tujuan yaitu kemerdekaan.

Hati Merdeka


Film ini merupakan akhir dari kisah di film Merah Putih dan Darah Garuda. Kisah dari film ini adalah kesetiaan kelompok prajurit kembali diuji ketika pemimpinnya yaitu Amir mundur. Para prajurit kemudian pergi ke Bali dengan membawa misi balas dendam kepada Kolonel Raymer. Banyak konflik yang terjadi di film ini saat para prajurit merancang strategi. Mulai dari percintaan, pertengkaran, hingga mempertahankan idealisme. (hal–2)

Check Also

Dijanjikan Ketemu Jokowi, Joni: Mau Banget!

  JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menjanjikan Yohanes Ande Kalla alias Joni ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: