Breaking News
_
Home / Ragam / Nekat! Demi Selfie Keren, Wisatawan Tolak Evakuasi di Gunung Barujari
Gunung Barujari (Foto: shutterstock)

Nekat! Demi Selfie Keren, Wisatawan Tolak Evakuasi di Gunung Barujari

agregasi
agregasi

 

SEJUMLAH wisatawan nekat bersembunyi dari tim penyelamat letusan gunung berapi, demi mendapatkan foto selfie yang spektakuler.

Dilansir Stuff, Senin (4/10/2016), Gunung Barujari yang terletak di Pulau Lombok, Selasa lalu memuntahkan gumpalan besar abu vulkanik di udara setinggi 2000 meter dari atas permukaan laut.

Badan Penanggulangan Bencana Indonesia mengatakan, setidaknya terdapat 1.023 wisatawan, termasuk diantaranya 639 wisatawan asing, yang tengah berada di Taman Nasional Gunung Rinjani ketika Gunung Barujari meletus.

“Beberapa petugas mengatakan bahwa sejumlah wisatawan menolak untuk dievakuasi dan memilih untuk tinggal,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Juru Bicara Badan Penanggulanan Bencana Indonesia.

“Mereka ingin merekam letusan Barujari. Dan untuk melakukan hal tersebut, mereka nekat bersembunyi dari para petugas evakuasi,” bebernya

“Mereka sebetulnya paham hal tersebut sangatlah berbahaya. Tetapi mereka bersikeras ingin mendokumentasikan letusan Gunung Barujari,” lanjutnya.

Sebuah danger zone berjarak 3 kilometer, telah didirikan di sekitar kawah gunung berapi, sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semua pendaki gunung diyakini telah berhasil dievakuasi dari kawasan tersebut, dan tidak ada laporan cedera maupun korban meninggal dari pihak petugas terkait.

Pada September 2014 lalu, 57 wisatawan tewas ketika sebuah gunung berapi tiba-tiba meletus di Jepang.

Beberapa orang yang selamat dari letusan Gunung Ontake, membuat keputusan sepersekian detik untuk bersembunyi di balik batu-batu besar atau melarikan diri ke pondok-pondok yang berada di lereng gunung.

Check Also

OYO Siap Jadi Jaringan Hotel Terbaik di Indonesia

JAKARTA, Waspada.co.id – OYO Hotels & Homes, jaringan hotel berbasis penyewaan dan waralaba, rumah dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.