Home / Ragam / Kesehatan / Musik Sedih Pengaruhi Kesehatan mental
Istimewa

Musik Sedih Pengaruhi Kesehatan mental

WOL – Jika beberapa hari belakangan ini Anda masih terus mendengarkan single terbaru Adele, Hello, mungkin Anda akan berniat untuk menguranginya setelah mengetahui hasil riset terbaru mengenai hubungan musik sedih dan kesehatan mental.

Menurut sebuah riset yang diterbitkan dalam Frontiers in Human Neuroscience, mendengarkan musik sedih dapat membuat kita gelisah dan mengalami sakit saraf.

Banyak di antara kita memang memainkan musik untuk mencerminkan suasana hati kita, namun sebagian besar dari kita mungkin tidak mengetahui bagaimana musik dapat benar-benar mempengaruhi kesehatan kita.

“Beberapa cara mengatasi emosi negatif, seperti perenungan, yang berarti terus memikirkan hal-hal negatif, memiliki hubungan dengan kesehatan mental yang buruk. Kami ingin mempelajari apakah akan ada efek negatif dari beberapa gaya mendengarkan musik,” kata Emily Carlson, seorang terapis musik dan penulis riset tersebut, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Para peneliti telah menguji respon saraf sejumlah peserta riset saat mereka mendengarkan musik riang, agresif, maupun sedih dan membandingkannya dengan penanda kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan neurotisisme.

Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa mendengarkan musik mempengaruhi medial prefrontal cortex (mPFC). Para peserta yang menggunakan musik sedih dan agresif untuk merefleksikan emosi pun memiliki tingkat kecemasan dan neurotisisme yang lebih tinggi.

Hal itu terutama berlaku bagi para pria. “Hasil ini menunjukkan gubungan antara gaya mendengarkan musik dan aktivasi mPFC, yang dapat berarti bahwa gaya mendengarkan musik tertentu memiliki efek jangka panjang pada otak,” kata Elvira Brattico, penulis senior riset itu.(inilah/data1)

Check Also

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Vitamin Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

ANAK-anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup selama masa pertumbuhan. Namun kadang kala ada kebutuhan nutrisi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: