Home / Fokus Redaksi / MITOS: 7 Hewan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan
foto: istimewa

MITOS: 7 Hewan yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

WOL – Setiap manusia mempunyai teman yang dapat menemaninya. Tak semua teman manusia adalah manusia juga, manusia pun dapat berteman dengan binatang seperti anjing, kucing, kelinci atau yang lain sebagainya. Ternyata hewan tersebut tidak hanya berperan sebagai teman kita. Mereka juga dapat memberikan keberuntungan.

Inilah 7 Hewan yang Dipercaya Dapat Membawa Keberuntungan

Perkembangan zaman tidak membuat masyarakat meninggalkan keyakinannya terhadap beberapa hewan yang bisa memberikan keberuntungan. Mereka akan memelihara binatang tersebut dan berharap jika hidup mereka akan lebih baik dengan segala keberuntungan yang datang kepadanya. Berikut ini adalah 7 simbol hewan yang membawa keberuntungan:

1. Kucing

Kucing ini sering muncul sebagai sebuah benda atau patung dengan bentuk kucing. Orang Jepang menyebutnya dengan Maneki Neko. Benda-benda ini seringkali kita lihat di beberapa toko, wartel, ataupun restoran. Wujud ini berbentuk kucing, dimana salah satu kakinya maju ke depan seperti mengajak orang mendekat dengan posisi duduk tegak. Patung kucing ini biasanya mengenakan kalung merah dengan bel kecil di bagian depannya. Kalung ini juga sering digunakan oleh kucing perliharaan pada keluarga bangsawan pada zaman Edo. Kalung ini juga digunakan pada patung-patung batu di sekitar pemakaman atau kuil, serta digunakan untuk melindungi anak-anak sakit.

2. Ikan Koi

Ikan Koi termasuk dalam jenis ikan karper Cyprinus carpio yang berasal dari Tiongkok. Maneki Neko adalah sebutan ikan ini untuk orang-orang Jepang. Ikan ini dapat dipelihara sebagai hiasan hewan yang bisa memberi keberuntungan. Perawakan ikan ini hampir mirip dengan ikan mas karena memang kekerabatannya yang dekat. Hal ini membuat ikan Koi disebut sebagai misnomer.

3. Naga

Naga adalah salah satu hewan yang belum pasti keberadaannya sehingga sering disebut sebagai hewan fiktif. Namun, hal ini tidak menghalangi masyarakat Tionghoa untuk meyakini bahwa hewan ini memiliki keberuntungan bagi mereka. Banyak ornamen-ornamen Tionghoa yang khas akan unsur naga.

4. Ikan Arwana

Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang berasal dari Indonesia. Masyarakat yakin bahwa ikan ini dapat memberikan keberuntungan. Oleh karenanya, ikan Arwana memiliki harga jual cukup tinggi sekitar puluhan juta sehingga dapat dijadikan untuk memperlihatkan tingkat status sosial.

5. Katak

Sebagian orang menganggap bahwa katak adalah binatang yang menjijikkan karena lendir dalam tubuhnya yang menyebabkan mereka tak suka dengan binatang yang satu ini. Namun, berbeda halnya dengan masyarakat Jepang. Mereka memiliki pemikiran yang berbeda dan menganggap katak sebagai binatang istimewa.

6. Ikan Louhan

Ikan Louhan memiliki bentuk yang khas. Namun, tak semua ikan Louhan dipercaya sebagai salah satu dari 7 hewan yang dipercaya membawa untung. Hanya ikan Louhan yang terdapat tulisan Han di perut ikan tersebut.

7. Tokek

Hewan ini adalah salah satu hewan yang aktif pada senja atau malam hari. Namun, terkadang kita mendengarkan suaranya pada siang hari. Tempat yang sering ditinggali oleh tokek adalah lubang pohon di hutan, rekahan batu, ataupun gua. Tak semua tokek tingga berjauhan dengan manusia. Terdapat beberapa tokek yang hidup di lingkungan manusia bahkan bersifat komensal. Untuk makannya, tokek memangsa invertebrata seperti serangga. Apabila tokek betina bertelur maka mereka akan menyimpannya berlekatan dengan sudut dinding atau lubang. Tempat ini biasanya digunakan berkali-kali oleh tokek yang sama.

Demikian 7 hewan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan. Kebenaran dari hal tersebut tergantung dengan kepercayaan masing-masing individu, bagaimana mereka menanggapinya. Namun, yang perlu diingat adalah segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita tidak bisa terlepas dari Sang Pencipta.(vivablog/kumpulanmisteri/ags/data2)

Check Also

Ini Dia Destinasi Wisata Baru, Sun Flowers Garden

Waspada.co.id – Di launching pada pertengahan Agustus lalu menyambut Hari Kemerdekaan RI 73 Tahun, destinasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: