Home / Ragam / Milad Istana Maimun Siap Pecahkan Reko Muri Kirab 300 Kostum Budaya
foto: istimewa

Milad Istana Maimun Siap Pecahkan Reko Muri Kirab 300 Kostum Budaya

Waspada.co.id – Dan dalam kurun 1 bulan kedepan, Milad Istana Maimun yang digelar 24-26 Agustus 2018, berbagai persiapan internal dan eksternal sudah memasuki final

Kegiatan ini juga mendorong dan meningkatkan pariwisata di Kota Medan, Agustus mendatang pergelaran budaya akan warnai Milad atau ulang tahun Istana Maimun ke 130 tahun.

Istana Maimun sebagai bangunan bersejarah yang didirikan pada tahun 1888 serta menjadi objek wisata Sumatera Utara khususnya di Kota Medan saat ini adalah sebuah lambang kebudayaan Melayu yang tumbuh dan berkembang bersama dinamika keragaman budaya di Sumatera Utara tanpa meninggalkan adat istiadat aslinya.

Tuanku Ma’moen Al Rasyid merupakan Sultan yang memimpin pada saat itu, dan Tuanku Mahmud lamanjiji yang masih berusia 19 tahun merupakan Sultan yang memegang kepemimpinan saat ini dan sedang mengenyam pendidikan di jawa.

Ketua Umum Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid (YASMAR), Ir T Reizan Ivansyah menuturkan bahwa tahun ini merupakan tahun yang istimewa dikarenakan Istana Maimun berulang tahun ke 130 tahun, tahun yang sangat membahagiakan untuk istana Maimun sekaligus sebagai sebuah momentum untuk istana Maimun berubah lebih baik lagi sebagai objek wisata Sumatera Utara dan siap mendukung program pemerintah dalam kepariwisataan.

“Setiap tahunnya di bulan Agustus istana Maimun melaksanakan milad bertepatan pada tanggal 26 Agustus yang dibuat hanya syukuran saja, namun tahun ini terdapat keunikan dalam perayaan syukuran milad ke 130 tahun,” tuturnya, Senin (16/7).

Bekerjasama dengan Appara Indonesia sebagai stakeholder sekaligus asosiasi yang dipercayai sebagai pelaksanaan acara untuk membuat sebuah karya yang diharapakan dapat menjadi sebuah agenda tahunan Sumatera Utara.

“Tentunya melalui event ini, kita berharap kedepannya Istana Maimun bisa menjadi salah satu destinasi wisata nasional yang menjadi kebanggan warga Medan,” jelasnya.

Ditambahkan, Ketua Umum Appara Indonesia, Hendra Kaban bahwa sebagai stakeholder yang dipilih untuk melaksanakan kegiatan ini, memang tahun ini berbeda, Appara berusaha membuat sebuah karya yang belum pernah dibuat di Istana Maimun.

“Nantinya kita akan membuat momentum khusus bagi kesultanan Maimun, seperti pemecahan rekor muri yakni kirab dengan 300 konstum budaya nusantara dan mancanegara serta menciptakan pohon durian dengan tinggi 20 meter,” tambahnya.

Selama tiga hari berlangsungnya event ini, nantinya akan ada berbagai kegiatan diantaranya pergelaran Budaya Melayu Lokal, Nasional dan Asia Tenggara, Kirab Budaya Melayu, Bazar Kuliner, Produk UMKM, Seni Tari dan berbagai bazar-bazar lainnya.

Tentunya diharapkan, acara ini dapat meningkatkan minat wisata di Sumatera Utara baik wisatawan Lokal, Nasional, maupun Internasional. Sekaligus memperkenalkan Istana Maimun beserta nilai nilai budaya dan sejarahnya kepada masyarakat luas.

“Pembukaan acara tersebut akan dihadiri sekaligus dibuka oleh Presiden Republik Indonesia bapak Ir.Joko Widodo sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kemajuan istana Maimun sebagai bangunan bersejarah yang mempertahankan kebudayaan Melayu serta dukungan penting demi kemajuan pariwisata Sumatera Utara,” lanjutnya.

“Harapan terbesar dari perhelatan budaya Milad Istana Maimun ini adalah dukungan penuh pemerintah baik daerah dan pusat untuk menjadikan perayaan ini sebagai agenda tahunan serta dapat melibatkan masyarakat untuk merasakan kebahagian dalam acara syukuran ulang tahun Istana Maimun, sebagai salah satu destinasi sejarah Kota Medan,” pungkasnya.(wol/rls)

Check Also

Bus Masuk Jurang, 18 Orang Dievakuasi dan 6 Orang Dikabarkan Tewas

TOBASA, Waspada.co.id – Bus yang membawa rombongan dalam perjalanan menghadiri pesta pernikahan masuk jurang sedalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: