Breaking News
Home / Ragam / Kesehatan / Menjaga Gula Darah Tetap Normal, Ini Kiatnya!
blogspot.com
blogspot.com

Menjaga Gula Darah Tetap Normal, Ini Kiatnya!

WOLSaat kadar gula darah meningkat dan dibiarkan terlalu lama, Anda bisa berisiko menderita diabetes. Bila sudah terkena diabetes, penyakit-penyakit lain seperti gagal ginjal, impotensi, dan kebutaan juga berpotensi menyerang Anda.

Agar terhindari dari penyakit-penyakit tersebut, Anda perlu menerapkan beberapa kiat untuk menjaga gula darah tetap normal. Apa saja kiatnya?

Olahraga rutin
Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengontrol kadar gula darah tetap normal. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin membuat sel di dalam tubuh lebih mampu menggunakan gula yang tersedia di aliran darah. Bentuk olahraga yang bisa dilakukan adalah jalan cepat, bersepeda, dan berenang.

Mengendalikan asupan karbohidrat
Banyak penelitian menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi kadar gula darah, dan mencegah lonjakan gula darah dalam jangka panjang. Beberapa contoh makanan sumber karbohidrat antara lain: nasi, roti, minuman manis, dan ubi. Anda perlu mengurangi asupan makanan-makanan tersebut.

Tetap terhidrasi
Minum air putih yang cukup dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Selain mencegah dehidrasi, konsumsi air putih juga dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urine. Sebuah penelitian observasional menunjukkan, orang yang cukup minum air putih berisiko lebih rendah dalam mengalami kadar gula darah tinggi.

Tidur cukup
Jika memiliki kualitas tidur yang baik, Anda otomatis akan mempunyai kualitas kesehatan yang baik pula. Kebiasaan tidur yang buruk dan kurang istirahat bisa memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin. Kurang tidur dapat menurunkan pelepasan hormon pertumbuhan dan meningkatkan kadar kortisol – keduanya memainkan peran penting dalam mengendalikan gula darah.

Konsumsi makanan yang mengandung kromium dan magnesium
Kadar gula darah yang tinggi dan diabetes dapat terjadi karena kekurangan mikronutrien, termasuk kekurangan mineral kromium dan magnesium. Kromium terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan lemak, serta membantu mengendalikan kadar gula darah.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa kromium memiliki manfaat untuk pengendalian gula darah dalam jangka panjang. Makanan kaya kromium termasuk kuning telur, produk olahan dari biji-bijian utuh, sereal, kopi, kacang-kacangan, kacang hijau, brokoli, dan daging.

Sementara itu, magnesium juga terbukti dapat memengaruhi kadar gula darah. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko diabetes.

Menjaga kadar gula darah tetap stabil menjadi salah satu cara terbaik agar terhindar dari diabetes dan berbagai resiko kesehatan. Agar tubuh tetap sehat, Anda dapat menerapkan beberapa kiat di atas. (klikdokter/leh)

Check Also

Ilustrasi

Benarkah Penderita Diabetes Rentan Bisulan?

WOL – Bisul merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Saat muncul bisul, kulit ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.