_
Home / Medan / Mengulik Pengelolaan Media Siber di Workshop Pena Persma 2019
WOL Photo

Mengulik Pengelolaan Media Siber di Workshop Pena Persma 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Sejumlah peserta yang berasal dari pers mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia mengikuti workshop Pendidikan Nasional Persma 2019 yang digelar oleh LPM Dinamika Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara di Balai Pengembangan PAUD Sumatera Utara, Rabu (16/10).

Kegiatan Pena Persma 2019 merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh LPM Dinamin UINSU untuk terus memberikan wadah kepada para Pers Mahasiswa guna memahami lebih jauh bidang jurnalistik media massa kekinian.

Workshop tersebut diisi dengan materi-materi yang mengangkat tema tentang “Jurnalistik Infografik”, salah satunya membahas tentang pengelolaan Media Siber yang disampaikan oleh Board Of Director Waspada Online, Suprapti Indah Putri.

Dalam workshop tersebut, Putri Bakri (sapaan akrabnya) memaparkan bahwa pengelolaan Media Siber (media berbasis internet) dapat dilakukan siapa saja, namun harus memiliki prosedur dan tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan.

“Di antaranya, kita harus tahu dulu apa yang akan kita buat, portal berita apa yang akan kita tuju, jadi harus memiliki konten-konten yang sudah ditentukan, salah satunya adalah desain website,” tutur Putri.

Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah tentukan nama web yang mudah diingat, platform, kemudian harus tentukan budged untuk memulai proses pembuatan website tersebut.

“Kemudian kita harus tahu segmentasinya ke mana, dan yang paling penting adalah SDM yang siap bekerja dan mengisi berita di web tersebut, dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan web,” ungkapnya di hadapan peserta Workshop.

Ketua Panitia, Iin Prasetyo, turut mengapresiasi dengan adanya penambahan pemahaman tentang pengelolaan media siber. “Karena ini materi yang sangat menarik untuk para peserta workshop,” ungkapnya.

“Karena memang, para pers mahasiswa sangat membutuhkan materi-materi seperti ini, untuk mendukung pengetahuan lebih luas lagi, tentang bagaimana mengelola website seacara baik dengan konten-konten dan isi berita yang menarik,” tambahnya.

Iin mengaku, LPM Dinamika sangat beruntung bisa melaksanakan kembali kegiatan ini, yang sudah berlangsung dan menjadi program tahunan sejak tahun 2012 yang diikuti oleh berbagai pers mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. “Seperti tahun ini dari Aceh, Medan, Riau, Padang, Palembang, Lampung, Jawa Tengah, Makassar, Banjarmasin,” tandasnya. (wol/eko/data1)

适适

Editor: Agus Utama

Check Also

Puluhan Rumah di Jalan S. Parman Ludes Terbakar

MEDAN, Waspada.co.id – Puluhan rumah padat penduduk di Jalan S. Parman, Gang Pasir, Kelurahan Petisah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.