Home / Ragam / Gaya Hidup / Mengintip Menu Makanan Favorit Jokowi-Ma’ruf Amin yang Ternyata Sangat Sederhana
Bening bayam (Foto: dianayu.w/Instagram)

Mengintip Menu Makanan Favorit Jokowi-Ma’ruf Amin yang Ternyata Sangat Sederhana

agregasi
agregasi

 

PASANGAN capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin telah selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Keduanya melewatin serangkaian pemeriksaan dan hasilnya baru akan diserahkan kepada KPU pada Selasa mendatang.

Uniknya, setelah berpuasa selama kurang lebih 8 jam untuk memenuhi syarat pemeriksaan, Jokowi ‘berbuka’ dengan olahan Sang Pisang, produk makanan milik putra bungsunya, Kaesang Pangarep.

“Sarapannya pakai sang pisang,” ujar Kaesang saat menemani sang ayah di RSPAD Gatot Soebroto, Jakara Pusat, Minggu (12/8/2018).

Mendengar kabar tersebut, sejumlah netizen pun merasa penasaran dengan menu makanan sehari-hari yang dikonsumsi oleh Jokowi-Ma’ruf. Pasalnya, selama ini Jokowi dikenal menyukai makanan-makanan tradisional ketimbang kudapan kekinian yang digandrungi para milenial.

Beberapa waktu lalu, Okezone sempat membahas menu makanan favorit Presiden Joko Widodo yang dibeberkan langsung oleh koki pribadinya. Adalah Tri Supriharjo seorang koki asal Palur, Ngringo, Karanganyar, Solo, yang dipercaya meracik makanan untuk bapak 3 orang anak itu.

Berdasarkan pengakuan Tri yang dikutip dalam video bertajuk “Cerita dari Dapur Presiden,” ia ternyata telah menjadi koki pribadi Jokowi sejak tahun 2013 silam. Dalam video berdurasi 3 menit 22 detik itu, Tri juga menceritakan berbagai menu makanan yang menjadi favorit sang presiden.

“Jadi, masakan tuh masakan rumahan, seperti sop ayam, sayur bening bayam itu. Kalau tumis, tumis pepaya muda,” tutur Tri.

(Foto: dianayu.w/Instagram)

“Mi ketoprak, kalau di sini seperti soto mi, tapi lain, taste-nya lain. Terus soto kuning sekarang kan di Bogor, hampir setiap hari soto kuning,” timpalnya.

Selain menu tersebut, tempe dan tahu pun tidak pernah absen menemani menu utama. Jokowi diketahui gemar mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai itu dengan sepiring nasi hangat. Soal camilan, Tri mengatakan Jokowi sangat menyukai singkong goreng, jagung rebus, dan lento, makanan dari ketela yang diparut dan diberi kelapa lalu digoreng.

“Sama bakwan jagung atau bakwan sayur. Jusnya di sini saya ganti setiap hari. Kalau pagi melon, sore nanti apel. Saat ini jus kedondong, baru bapak ini,” imbuhnya.

Sebagai pelengkap, Jokowi juga mengonsumsi jamu secara rutin setiap pagi. Olahan jamunya terdiri dari temulawak, jahe, dan kunyit.

Sementara menu favorit Ma’ruf Amin sendiri ternyata tidak jauh berbeda dengan bakal pasangannya. Pria berusia 75 tahun ini juga gemar mengonsumsi makanan khas Nusantara sama seperti Jokowi. Dalam beberapa kesempatan, Ma’ruf pernah terlihat menikmati berbagai jenis jajanan pasar seperti lemper, kacang dan kedelai rebus.

Saat melakukan pertemuan dengan Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi, Ma’ruf terlihat menikmati nasi merah dengan topping telur mata sapi dan beberapa potong sayuran. Untuk minumannya sendiri, Ma’ruf bukan tipe pemilih. Ia diketahui selalu meminum air putih dan teh tawar. Makanan penutupnya pun cenderung sederhana yakni, buah-buahan segar seperti anggur, pisang, melon, dan apel.

Check Also

Sri Lanka Tertarik Impor 60 Gerbong KA dari INKA

HANOI, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Sri Lanka tertarik untuk membeli 60 gerbong ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: