Home / Ragam / Kesehatan / Mengenal Tanda-tanda Gagal Ginjal
Ilustrasi (foto : istimewa)

Mengenal Tanda-tanda Gagal Ginjal

WOL – Ginjal adalah organ yang ditemukan di punggung bagian bawah. Tugas utama organ ini adalah menyaring darah, dan membuang racun dari tubuh dengan mengirimkannya ke kandung kemih.

Kemudian kandung kemih akan menghilangkan racun ini saat kita buang air kecil. Sayangnya, ada kasus gagal ginjal, yang terjadi saat ginjal tidak bisa lagi memisahkan racun dari darah dengan benar.

Bila ginjal tidak dapat melakukan pekerjaannya, tubuh menjadi penuh dengan racun, dan ini bisa menyebabkan gagal ginjal. Kedengarannya mengerikan, karena ini adalah kondisi yang mengancam jiwa.

Mereka yang berisiko menderita gagal ginjal, biasanya menderita setidaknya satu dari alasan berikut:

Darah tidak mengalir dengan benar ke ginjal
Ada beberapa kondisi dan penyakit yang dapat menyebabkan hilangnya aliran darah ke ginjal. Termasuk serangan jantung atau penyakit jantung lainnya, gagal hati atau parut hati, dehidrasi, reaksi alergi, dan sepsis serta jenis infeksi serius lainnya. Ada juga obat antiinflamasi dan hipertensi yang bisa membatasi aliran darah.

Jalur air kencing tersumbat
Ada beberapa kanker seperti kanker kolon, kandung kemih, dan prostat yang menghentikan tubuh dari buang air kecil. Batu ginjal dan bekuan darah disaluran kemih, juga bisa menyebabkan masalah dengan buang air kecil.

Penyebab lainnya termasuk obat-obatan terlarang dan alkohol serta kelebihan berat logam berat dalam tubuh, yang menyebabkan toksisitas. Tapi bagaimana Anda tahu Anda menderita gagal ginjal?

Ada kalanya tidak ada gejala sama sekali, tapi ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan, termasuk sebagai berikut;

Penurunan frekuensi buang air kecil
    Pembengkakan pergelangan kaki, kaki, dan kaki karena retensi cairan
    Tiba-tiba sesak napas
    Merasa bingung
    Kelelahan atau kantuk ekstrem
    Mual tak henti-hentinya
    Kejang
    Nyeri dada atau tekanan
    Beberapa pasien dengan gagal ginjal bisa mengalami koma.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mendiagnosa penyakit sebelum memburuk. Beberapa tes untuk gagal ginjal meliputi urinalisis, pengukuran volume urin, sampel darah, dan pencitraan. Pengobatan akan bervariasi, tergantung pada alasan mengapa terjadi gagal ginjal.

Jaga ginjal Anda dengan menggunakan pengobatan di rumah, seperti baking soda. Yang penting adalah Anda bertindak lebih awal untuk memperpanjang hidup Anda, tapi cara terbaik adalah selalu pencegahan.

Jangan pernah minum terlalu banyak obat, bahkan obat yang biasa, seperti aspirin. Selain itu, batasi paparan terhadap produk beracun, termasuk tembakau, pestisida, dan pembersih rumah tangga. (vivablog/ags/data2)

Check Also

Dahsyatnya Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Waspada.co.id – Kesehatan sangat mahal harganya. Jika kita mengingat pada zaman dahulu, akan terbayang para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: