Home / Ragam / Gaya Hidup / Mengapa saat Menguap Kita Mengeluarkan Air Mata? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Menguap (Foto: Ist)

Mengapa saat Menguap Kita Mengeluarkan Air Mata? Ini Penjelasan Ilmiahnya

agregasi
agregasi

 

RASA kantuk yang begitu kuat biasanya menyebabkan Anda menguap. Semakin mengantuk, maka intensitas menguap akan semakin bertambah pula. Jika sudah seperti ini, satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah beristirahat sejenak untuk menghilangi rasa kantuk tersebut.

Jika dicermati, menguap biasanya disertai dengan keluarnya cairan pada bagian mata Anda. Anda akan terlihat seperti sedang menangis ketika diserang rasa kantuk yang tak tertahankan. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi? Daam artikel ini Okezone akan membahasnya.

Sebagaimana diberitakan TimesofIndia, Selasa (28/8/2018), menguap adalah sebuah penyakit menular. Mengapa bisa demikian? Jika satu orang menguap, maka kemungkinan besar orang lain yang ada di sekitar Anda akan menguap juga.

Tetapi jika diperhatikan, terkadang mata Anda kerap berkaca-kaca saat Anda menguap. Hal ini disebabkan karena kelenjar yang terletak tepat di bawah alis mata bertanggung jawab menghasilkan air mata.

Kelenjar ini menghasilkan air secara perlahan sepanjang hari dan dengan demikian membuat mata Anda terlihat akan terus berair. Secara normal mata manusia seharusnya tetap basah karena reaksi yang diberikan kelenjar ini.

Secara sederhana, ketika Anda menguap, otot-otot wajah Anda berkontraksi, yang memberi tekanan pada kelenjar air mata. Tekanan pada kelenjar air mata meremas dan melepaskan banyak air ke bagian mata, lebih dari biasanya.

Itulah sebabnya ketika Anda menguap dengan besar, maka mata akan menjadi sedikit berair. Tak hanya itu, penglihatan Anda juga menjadi sedikit berkaca-kaca karena efek air mata yang keluar saat menguap.

Sistem ini mirip halnya dengan memotong bawang merah. Gas yang terkandung dalam bawang menyebar dan membuat kelenjar air mata berekasi. Kesensitifan kelenjar air mata yang menyebabkan Anda terlihat seperti menangis.

Check Also

Bersihkan Tubuh dan Ginjal Anda Dengan Segelas Minuman Ini

Waspada.co.id – Tanda paling umum adanya racun di dalam tubuh Anda adalah infeksi, kelelahan, bahkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: