Home / Ragam / Menelusuri Jejak Sejarah di Negeri Para Nabi
Masjid Al-Aqsa (foto: lostislamichistory)
Masjid Al-Aqsa (foto: lostislamichistory)

Menelusuri Jejak Sejarah di Negeri Para Nabi

agregasi
agregasi

 

KETIKA mendengar Negeri Para Nabi, mungkin terbayang keindahan dan sejarah negeri yang pernah disinggahi dan ditinggali oleh nabi dan para sahabatnya.

Negara-negara yang berada di Timur Tengah memiliki berbagai tempat suci bagi umat Islam yang menjadi daya tarik tersendiri. Tilik saja Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjidil Al-Aqsa di Yerusalem. Tiga tempat suci umat Islam tersebut tentunya saling berhubungan erat satu sama lain.

Bicara tentang Al-Aqsa, secara harafiah diartikan sebagai “Masjid Terjauh”. Nama ini berasal dari Alquran mengenai Isra Mi’raj di mana nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjid Al-Haram menuju Masjid Al-Aqsa, dan kemudian naik ke surga.

Selain itu, nyatanya Al-Aqsa memang secara harfiah memiliki jarak yang jauh dari Makkah, seperti yang dijelaskan oleh Syeikh Fikri Thoriq saat menelusuri jejak sejarah di negeri para nabi kepada Okezone.

“Dahulu kita harus naik unta selama 30 hari untuk menempuh perjalanan dari Mekkah ke Al-Aqsa di Yerusalem,” tutur Syeikh yang beberapa waktu lalu berkesempatan untuk menjelajahi keindahan dan eksotisme Negeri Para Nabi tersebut.

Al-Aqsa juga unik karena identik dengan Palestina dan Israel, serta tidak semua jamaah yang menunaikan ibadah haji bisa berkunjung ke tempat suci ini. Di sisi lain, banyak umat muslim yang penasaran seperti apa mesjid ini, apalagi mengingat salat di Al-Aqsa setara dengan 1.000 kali salat di masjid lain.

Bicara tentang perjalanannya menjelajahi Yordan dan Yerusalem, Syeikh Fikri mengisahkan sedikit jejak sejarah Al-Aqsa kepada Okezone. Syeikh yang menempuh perjalanan dari Petra, Mutah, Amman, Jericho, Yerusalem, Hebron, Betlehem, juga mengisahkan beberapa spot yang menjadi daya tarik Masjid Al-Aqsa.

Masjid Al-Aqsa sendiri terletak di kompleks bangunan suci di kawasan Kota Lama Yerusalem. “Di kawasan suci ini masih banyak permukiman Palestina dan tampak sangat otentik dengan arsitektur bangunan khas Islam awal. Setiap ornamen di dalam masjid pun memiliki filosofi tersendiri,” paparnya.


Tempat ibadah Robi’yatul Adawiyah (Foto: Pribadi)

Salah satu spot menarik di sekitar Masjid Al-Aqsa adalah Bi’ru Zait yang merupakan sumur minyak di Al-Aqsa. Di depan kawasan Al-Aqsa yang disebut sebagai Kubah Batu Mulia atau Dome of the Rock ada Qibli.

Orang menyebutnya sebagai Aqsa yang dulu. Di Qibli itulah ada terowongan dan Bi’ru Zait. “Dulu, nabi mengimbau masyarakat yang tidak bisa masuk ke dalam Al-Aqsa dapat tetap menerangi tempat suci tersebut dengan mengantarkan minyak sebagai bahan baku penerangan di masjid,” tutur Syeikh.

“Selain itu, kita juga bisa mengunjungi tempat yang kata orang adalah tempat untuk mengikat kendaraan nabi, Al-Buraq. Aqsha sendiri merupakan gambaran surga dunia. Walaupun hujan hanya turun sehari-dua hari dalam setahun, tapi tanahnya subur,” lanjutnya.

Penasaran dengan perjalanan Syeikh Fikri dan ingin melihat keindahan negeri yang didiami dan dicintai para nabi tersebut? Selain kawasan Al-Aqsa, Anda juga akan dibawa Syeikh Fikri mengunjungi situs bersejarah peninggalan Kaum Nabatean yang berusia 2.000 tahun. Menjelajahi ke Kota Mutah untuk mengujungi makam para sahabat Rasulullah SAW.


Di Kota Tertua di dunia, Jericho (Foto: Pribadi)

Lalu ke Baitul Maqdis di Jerusalem melalui Allenby Bridge dan singgah di kota tertua di dunia, Jericho. Mampir di Petilasan Nabi Musa, Makam Salman Al farizi, Makam Rabaiatul Adawiyah, Masjid Dome of The Rock, dan Petilasan Nabi Isa di Yerusalem.

Syeikh juga akan mengajak Anda ke Hebron untuk mengunjungi Masjid Ibrahim dan Petilasan Nabi Ibrahim, kemudian dilanjutkan menuju ke Bethlehem untuk mengunjungi tempat lahirnya Nabi Isa. Setelah melewati perbatasan Palestine-Jordan, kunjungi Petilasan Nabi Suaib AS dan 7 Sleeper Cave atau Goa Ashabul Khafi, serta Dead Sea atau yang disebut Laut Mati sebagai tempat terendah di bumi.


Check Also

Ilustrasi

Keluarga, Bisa Mengantarkanmu ke Surga Atau Neraka

WOL – Keluarga Adalah harta paling berharga dalam hidup kita ini, namun dunia adalah sementara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.