Home / Ragam / Gaya Hidup / Mau Cukur Kumis tapi Ada Jerawat, Begini Tips Aman Mencukurnya!
Ilustrasi (Foto: Popsugar)

Mau Cukur Kumis tapi Ada Jerawat, Begini Tips Aman Mencukurnya!

agregasi

 

MENCUKUR atau shaving adalah salah satu ritual perawatan atau rutinitas skincare yang sederhana. Namun akan beda ceritanya, jika kulit wajah sedang dalam kondisi yang tidak prima seperti biasanya. Contohnya, saat sedang ada jerawat.

Selain dapat membuat kulit jadi iritasi, dan kekhawatiran rasa sakit yang timbul karena ada kontak gesekan antara alat cukur dengan jerawat, menjadikan ritual mencukur dengan kondisi kulit wajah yang sedang berjerawat bukanlah situasi yang ideal.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika ingin mencukur jambang dan kumis, namun di wajah sedang ada jerawat? Tenang, menyitat Timesofindia, Senin (16/7/2018) berikut yang harus dilakukan ketika mencukur dalam kondisi wajah berjerawat.

1. Bersihkan kulit wajah

Sebelum mencukur, persiapan pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kulit wajah dengan seksama. Ambil handuk panas, lalu tempelkan pada wajah selama beberapa waktu, cara ini disebutkan dapat membantu untuk menghaluskan kulit dan membuka folikel-folikel rambut di wajah.

2. Mengoleskan minyak cukur

Nah, langkah kedua sebelum mengaplikasikan krim cukur atau shaving cream ialah dengan mengoleskan minyak cukur alias shaving oil. Metode ini akan membantu ritual mencukur jadi lebih nyaman dan mudah, sebab pisau cukur akan berseluncur dengan mudah tanpa menorehkan gesekan yang tak perlu. Cukup teteskan shaving oil secukupnya, dan pijat merata ke area wajah yang ingin dicukur.

Cukur brewok

3. Pilih krim cukur tanpa alkohol

Jika punya tipe kulit wajah yang mudah berjerawat, pilihlah krim cukur alias shaving cream yang tanpa mengandung alkohol atau mengandung pewangi apapun. Mengapa? Karena sebisa mungkin, Anda harus hindari pemakaian krim cukur yang mengandung bahan sintetik yang dapat membuat kulit iritasi. Cari dan pilihlah krim cukur yang mengandung kandungan minyak-minyak alami.

4. Pilih pisau cukur yang berkualitas baik

Jika punya kulit wajah sensitif, disarankan untuk memilih pisau cukur tipe single. Sebab pisau cukur bermodel multiple blades malah akan membuat peluang mengiritasi jerawat jadi lebih besar loh. Pastikan sebelum dan sesudah digunakan, pisau cukur sudah dibersihkan dengan losion anti-bakteri.

5. Ikuti garis tumbuh rambut

Pastikan ketika mencukur, Anda mengikuyti garis tumbuhnya rambut atau bulu (hair growth), agar ritual mencukur jadi lebih mudah. Dengan ini maka ritual mencukur tidak akan menganggu jerawat atau menimbulkan jerawat tambahan lainnya.

6. Bilas

Setelah bercukur, cuci dan bersihkan wajah menggunakan air hangat. Jika terasa terlalu lengker, bisa gunakan pembersih wajah yang ringan (gentle cleanser). Setelahnya, baru aplikasikan mosturizer atau after-shave lotion untuk menenangkan dan menghidrasi kulit. Pastikan after-shave lotion yang dipakai tidak mengandung alkohol dan juga aroma pewangi apapun.

Check Also

‘Jus Ajaib’ Si Pembunuh Sel Kanker

Waspada.co.id – Cerita ini berawal ketika ada seorang artis kenamaan asal China bernama Mr. Seto ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: