Home / Ragam / Maskapai Ini Sediakan Ruang Khusus Anti Jet Lag, Tapi Khusus Kelas Bisnis
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Maskapai Ini Sediakan Ruang Khusus Anti Jet Lag, Tapi Khusus Kelas Bisnis

agregasi

 

PENERBANGAN jarak jauh terkadang menyebabkan hal yang menyebalkan yaitu jet lag. Kondisi ini terjadi karena adanya perbedaan zona waktu sementara alam bawah sadar telah merekam ritme sirkadian tidur. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jet lag.

Kini sebuah maskapai penerbangan berusaha membuat penumpangnya di kelas bisnis terhindar dari jet lag. Sejak meluncurkan rute penerbangan langsung dari Perth menuju London yang memakan waktu 17 jam dan 20 menit, Qantas Airways telah mempersiapkan diri dengan baik. Maskapai penerbangan tersebut menyediakan sebuah lounge yang bertujuan melawan jet lag.

Bekerja sama dengan dengan para ilmuwan di Charles Perkins Centre Universitas Sydney yang mempelajari kondisi kesehatan dan kronis seperti gejala jet lag, maskapai tersebut menyiapkan ruang tunggu yang dipenuhi berbagai fasilitas, seperti dikutip dari Straits Times.

Terdapat pula detail yang membantu penumpang dengan pemulihan penerbangan. Contohnya di area teras yang lapang terdapat nuansa langit-langit terbuka. Penataan itu berfungsi cahaya alami masuk dan meningkatkan vitamin D sehingga penumpang bisa mendapatkan pola tidur yang sehat.

Di dalam lounge ada 15 kamar mandi pribadi yang dilengkapi dengan pengaturan cahaya khusus. Cara itu bisa menjadi terapi cahaya atau intervensi jam tubuh karena terdapat cermin rias yang bersinar dengan frekuensi biru terang sekira 480 nanometer. Panjang gelombang cahaya itu memiliki dampak meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan.

Lampu biru dapat mengelabui tubuh untuk percaya bahwa itu lebih awal di siang hari sehingga bisa mengubah ritme sirkadian tidur. Tak hanya itu, Qantas juga bermitra dengan spa ternama untuk menciptakan ruang studio yang membuat penumpang bisa berpartisipasi dalam sesi peregangan, pernapasan, dan meditasi selama 15 menit. Aktivitas fisik ringan ini dapat meningkatkan kemungkinan penumpang tidur di penerbangan dan membantu menghindari jet lag.

Tak tanggung-tanggung, menu makan malam juga diatur sangat strategis. Salah satunya makanan ringan dan minuman manis serta bebas kafein. “Terbang jarak jauh membuat penumpang terpapar dengan tingkat kelembaban yang lebih rendah untuk waktu lama. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi,” ucap seorang ahli diet Nour Monica.

Sementara itu, menurut pihak maskapai, dalam perancangan lounge yang melibatkan beberapa ahli ada sejumlah hal yang menjadi perhatian. Mulai dari segi desain, sains, dan nutrisi untuk membantu penumpang merasa lebih baik selama perjalanan.

“Penumpang yang melakukan perjalanan berada di udara selama sekira 17 jam. Jadi penting untuk meningkatkan pengalaman tidak hanya dalam pesawat, tetapi juga pra-dan pasca-penerbangan,” pungkas Phil Capps selaku kepala pelanggan Qantas Airways.

Check Also

Liburan Salah Satu Upaya Memperpanjang Umur

Waspada.co.id – Mungkin anda saat ini memiliki banyak pekerjaan yang ingin segera diselesaikan. Bahkan anda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: