Home / Ragam / Gaya Hidup / Masak Nasi Putih Dicampur Kelapa Cegah Risiko Diabetes
Nasi Putih (Foto: Huffpost)

Masak Nasi Putih Dicampur Kelapa Cegah Risiko Diabetes

agregasi
agregasi

 

SEIRING gaya hidup masyarakat yang tidak sehat karena tidak menjaga pola makan, risiko diabetes meningkat. Tapi ada inovasi baru yang bisa dijajal yakni masak nasi putih dicampur kelapa, turunkan risiko penyakit tersebut. Apa hubungannya?

Rupanya peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mencoba berinovasi untuk mencegah tingginya pasien diabetes yang semakin bertambah. Mereka menjajal memasak nasi putih dengan tambahan minyak kelapa atau tepung kelapa.

Kepala Pengembangan Layanan Analisis Pangan IPB Dr Didah Nur Faridah mengungkapkan, saat seseorang masak nasi putih dicampur dengan bahan berbasis kelapa bisa menurunkan indeks glikemik yang identik tinggi pada nasi.

“Sekarang ada cara aman masak nasi putih yang dicampur kelapa bisa menurunkan indeks glikemiknya. Padahal sebelumnya kita kenal kalau orang yang makan banyak nasi putih memicu diabetes, karena indeks glikemiknya tinggi” ujarnya lewat informasi yang diterima Okezone, Rabu (31/1/2018).

Kelapa, menurut dia, salah satu bahan pangan yang aman dikonsumsi karena rendah kalori dan tinggi serat. Sementara itu, orang mengenal bahwa kelapa mengandung lemak jenuh ternyata salah. Justru sebaliknya, kelapa mengandung lemak baik atau trigliserida yang berfungsi sebagai sumber energi.

Berdasarkan studi itu, masak nasi putih yang dicampur kelapa bisa menurunkan indeks glikemik hingga 45%. Tentunya cara ini juga membuat pasien diabetes tak was-was makan nasi putih secukupnya.

Penderita diabetes jadi terhindar dari lonjakan gula darah tinggi yang membahayakan dirinya. Belum lagi, mereka terkendala dengan menjalankan pola hidup yang tidak seimbang. Seperti jarang olahraga, makan berlebihan, merokok, hingga jarang beraktivitas fisik.

Untuk mengurangi risiko diabetes, ada banyak pilihan cara untuk menjaga pola makan. Pastinya memperbanyak makan sayur dan buah, serta mengganti makanan yang berkalori tinggi.

“Makan sayur dan buah-buahan harus dilakukan setiap hari. Ini jadi kunci penting dari pencegahan penyakit diabetes,” tambahnya.

Deteksi penyakit diabetes sejak dini juga menjadi hal yang wajib diterapkan. Karena diabetes salah satu penyakit silent killer yang berbahaya, karena diam-diam merenggut nyawa pasiennya.

Check Also

Awas, Susu Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan Anak Anda kalau…

  SEBAGAI orang tua, tentunya Anda ingin memberikan berbagai macam hal yang terbaik untuk tumbuh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: