Home / Ragam / Marathon Medan Heritage 10K Run, Dukung Pariwisata Sumut
foto: istimewa

Marathon Medan Heritage 10K Run, Dukung Pariwisata Sumut

WOL – Sekira 1000 pelari mengikuti lomba marathon Medan Heritage (MH) 10K Run yang  merupakan ajang sport tourism yang diselenggarakan oleh RajaMICE berkolaborasi dengan Running Explorer dan didukung oleh Hotel Indonesia Group sebagai Official Hotel.

Panca R Sarungu, CEO RajaMICE mengatakan, MH10K merupakan satu-satunya acara yang menggabungkan sport dan heritage tourism dengan konsep yang berbeda untuk para runner berpengalaman.

“Acara ini  digelar bertepatan dengan semangat hari Pahlawan dan diharapkan akan membawa semangat perjuangan yang tinggi bagi pelari karena melewati rute yang memiliki nilai historis serta beberapa bangunan bersejarah yang berkaitan erat dengan tumbuhnya kota Medan sebagai melting point beragam suku bangsa di Pulau Sumatera,”kata Panca.

Ia menjelaskan, latar belakang dilaksanakannyaa MH 10K untuk pertama kali di Medan karena keberadaan gedung-gedung atau heritage di kota ini terbanyak dibanding kota-kota lainnya di Indonesia.

“Ternyata penyebaran gedung heritage terbanyak ada di Medan.Kalau di Jakarta memang ada heritage tapi konsentrasinya ada di kota tua.Begitu juga di Surabaya dan Makassar,”kata Panca didampingi Presiden Direktur PT Hotel Indonesia Natour (persero) Jakarta,Iswandi Said.

Menurutnya, Medan sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia memiliki keindahan alam, kekayaan historis, dan keragaman budaya penduduknya, sudah sejak lama memiliki daya tarik bagi wisatawan dalam maupun luar negeri yang selalu tergoda untuk mengeksplorasi setiap potensi wisata di dalam kota maupun di sekitar kota Medan.

“Seluruh potensi yang ada di kota ini berpusat di kawasan nol kilometer, di mana Hotel Inna Dharma Deli (De Boer), Lapangan Merdeka, dan Stasiun Kota adalah pusat dari segala kegiatan tersebut sejak akhir abad ke 19,”ucap Panca.

Panca menjelaskan, program acara yang disiapkan penyelenggara tidak hanya sport tourism saja namun para peserta juga disuguhi panggung hiburan, bazaar, serta pertunjukan band selama menunggu para runner mencapai garis finish dan pengumuman pemenang sebagai puncak acara.

“Animo masyarakat di Medan sangat luar biasa, dalam waktu satu setengah bulan kita sudah mendapat register online sebanyak 600 peserta.Jika dibanding Bali dan kota lainnya, untuk mengumpulkan peserta sebanyak ini membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan,”ujar Panca seraya menambahkan bagi 600 pelari  yang mencapai garis finish  pihaknya menyediakan  medali impor yang cukup bagus untuk mereka.

Sementara itu Presiden Direktur PT Hotel Indonesia Natour (persero) Jakarta,Iswandi Said menyebutkan, program MH10K yang mengambil titik start dan finish di Hotel Inna Dharma Deli karena keberadaan hotel yang berdiri sejak tahun 1898 ini mempunyai sejarah panjang yang awalnya bernama De Boer.

Iswandi menjelaskan, Inna Dharma Deli sebagai salah satu hotel BUMN yang tergabung dalam jaringan Hotel Indonesia Group memainkan peranan yang sangat penting karena lokasinya yang berada di titik nol Kota Medan, telah menjadi saksi geliat pertumbuhan kota tersebut hingga saat ini.

“Di hotel milik bangsa Indonesia ini ada salah satu cagar budaya yang tetap harus kita jaga dan  tidak boleh dirombak.Inilah tujuan MH 10K yang mengangkat sejarah gedung-gedung yang berada di sekitar Kota Medan,”ujar Iswandi.

Selain itu sebut dia, acara yang berkelas internasional ini boleh dikatakan menjadi pelopor untuk kegiatan-kegiatan sejenis lainnya, berkat akses akomodasi yang dimiliki Hotel Indonesia Group yang menyebar di seluruh nusantara, sehingga sebagai official hotel, Hotel Indonesia Group menawarkan keramahtamahan nusantara bagi para wisatawan dan para olahragawan di suatu destinasi.

Iswandi menambahkan, sebagai hotel pertama di Sumatera, Inna Dharma Deli seringkali menjadi tempat singgah tamu negara dan keluarga kerajaan. Hotel dengan kapasitas kamar sebanyak 130 yang terdiri dari beragam tipe dari standard hingga suite ini memiliki desain classic modern.

“Dari Inna Dharma Deli wisatawan dapat dengan mudah menikmati potensi wisata di Sumatera Utara mulai dari eksotisme Leuser National Mountain Park, Danau Toba yang magis, kemegahan Air Terjun Sipiso-piso, serta beragam destinasi wisata tidak terhitung di sekitar dan di dalam Kota Medan,”pungkasnya. (wol/rls/data2)

Check Also

Shell Pasarkan Helix Eco Pelumas Mobil LCGC Di Indonesia

Waspada.co.id – Shell Lubricants secara resmi meluncurkan produk pelumas mesin kendaraan roda empat Shell Helix ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: