Home / Ragam / Kesehatan / Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Saat Bersepeda
Ilustrasi (foto: ist)

Manfaat yang Bisa Kamu Dapat Saat Bersepeda

WOL – Kapan terakhir kali kamu bersepeda? Bisa jadi saat kamu masih kecil atau anak-anak.

Bersepeda sendiri lebih dari sekedar kegiatan rekreasional sebenarnya. Dalam bersepeda mengelilingi taman atau kompleks rumah, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Apa saja?

Membakar kalori
Bersepeda melatih kekuatan tiga otot utama yaitu otot bokong (gluteus), otot pinggul ke lutut (sartorius), dan otot paha (quadriceps). Saat bersepeda, semua otot ini bergerak dan terus membakar lemak. Satu jam bersepeda bisa membakar sekitar 300-700 kalori. Jika kamu rutin bersepeda selama seminggu, maka kamu bisa membakar setidaknya 3500 kalori atau setara dengan 1 ons daging.

Memperkuat sendi dan otot
Saat kamu kelebihan berat badan, maka sendi akan melemah dan mengalami korosi dalam jangka panjang. Bersepeda sendiri bisa membantu kamu untuk memperkuat sendi dan otot tersebut. Lemak yang dibakar saat bersepeda juga lambat laun akan membuat berat badan menurun.

Menjauhkan dari penyakit
Para peneliti di Standford University School of Medicine, Amerika Serikat menemukan bahwa mereka yang rajin bersepeda mengalami penurunan risiko untuk menderita penyakit arteri koroner sebesar 50%. Kemudian penelitian lain dari American Journal of Epidemiology juga menemukan bahwa wanita yang rajin bersepeda juga dapat terhindar dari penyakit kanker payudara.

Bersepeda memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, dalam bersepeda kamu juga harus memperhatikan sisi keamanan dan keselamatan dengan menggunakan perlengkapan bersepeda yang mendukung. (merdeka/ags/dev/data2)

Check Also

Sering ‘Ngantuk’, Ini Penyebabnya

Waspada.co.id – Sudah merasa tidur cukup, tapi seharian masih ngantuk? Hal ini kerap menyiksa apalagi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: