Home / Fokus Redaksi / Manajemen Event Identik dengan Kreativitas
WOL Photo/Ega Ibra

Manajemen Event Identik dengan Kreativitas

MEDAN, WOL – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi “Pembangunan” (STIK-P) Medan menggelar talk show bersama Pemimpin Redaksi Majalah Femina, Petty S Fatimah, di aula kampus tersebut, Jl SM Raja, Jumat (29/5).

Kegiatan yang diprakarsai mahasiswa yang mengambil mata kuliah Broadcasting itu mengusung tema “How To Make A Creative Event”. Layaknya talkshow di stasiun televisi, Petty dipandu host serta seolah berada di studio lengkap dengan kamera, lampu, produser, dan lainnya.

Kepada audiens, Petty bercerita membuat sebuah event kreatif itu sangat mudah. Pun begitu, itu semua tergantung kita dalam mengatur manajemen event yang sudah ada, karena dalam pengelolaannya sangat membutuhkan planning yang matang.

“Plan menjadi salah satu unsur penting dalam menjalankan atau mengorganisir sebuah event. Awal dari sebuah event itu adalah planning sebelum kita melangkah ke jenjang berikutnya seperti persiapan dan konsep,” jelas wanita yang memiliki banyak pengalaman di bidang event dan komunikasi itu.

Setelah itu, kita harus tahu apa yang harus kita lakukan dalam terus menjalankan event. Selain memikirkan rencana, kita harus memikirkan konsep serta manajemen lainnya seperti research lokasi serta pendanaan.

femina“Hal ini yang harus kita terapkan dalam diri kita dalam menjalankan sebuah misi untuk menciptakan event dan kreativitas sebagai tuntutan yang harus kita tanamkan dalam diri kita. Karena kreatif menjadi salah satu unsur penting dalam sebuah event yang menarik,” sambung Petty yang lulus S2 dari Universitas Indonesia (UI).

“Manajemen dalam event juga identik dengan kreativitas. Dua sisi dalam dunia event yang harus diperhatikan adalah orang kreatif yang optimis dan orang pesimis dengan pemikiran stres karena event mengelola banyak orang. Membuat suatu event tidak hanya bertanggung jawab pada hari itu saja lho,” ungkapnya.

Dikatakan, konsep merupakan bagian penting dalam event dengan proses-proses yang sangat detail. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan event adalah kematangan konsep dari acara dan keuangan, riset sasaran audiens, dan evaluasi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam event-event selanjutnya.

You are in control, bukan navigator tetapi driver,” tegas Petty kepada para mahasiswa yang tampak antusias dengan kehadiran salah satu juri Putri Indonesia tersebut.

Petty pun berharap mahasiswa STIK-P bisa terus maju dalam menciptakan sebuah project event, karena menurutnya orang kreatif lahir dari diri orang yang mau berkarya. Di akhir acara, Petty disematkan ulos oleh Ketua STIK-P, Hj Ida Tumengkol BComm MHum, didampingi Suprapti Indah Putri SP MIKom yang juga dosen mata kuliah Broadcasting. (wol/eko/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Layanan Kesehatan Gratis, Rail Clinic Sambangi Medan Labuhan

MEDAN, Waspada.co.id – Memberikan pelayanan kesehatan secara gratis, Rail Clinic PT KAI Divre I Sumut ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: