Home / Ragam / Malaysia Airlines: Maskapai Jagoan Negara Tetangga
Istimewa

Malaysia Airlines: Maskapai Jagoan Negara Tetangga

Malaysia Airlines merupakan maskapai penerbangan unggulan di kawasan Asia Tenggara. Maskapai ini memiliki pengaruh yang sangat kuat di Asia Tenggara. Rute penerbangannya pun menjangkau negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Maskapai ini juga dapat dengan mudah dipesan melalui aplikasi Traveloka. Keberadaan maskapai Malaysia Airlines ini menjaga keterhubungan di ini tingkat regional. Bepergian di kawasan sekitar Asia Tenggara juga menjadi lebih mudah dengan adanya maskapai Malaysia Airlines.

Selain menjadi maskapai yang berpengaruh di Asia Tenggara, Malaysia Airlines pun mengambil peran di dunia penerbangan global. Maskapai ini tak hanya menjadi jagoan di Asia Tenggara, tetapi telah menyasar kawasan Asia lainnya maupun kawasan Eropa. Maskapai Malaysia Airlines banyak membuka rute ke negara-negara Eropa, seperti Belanda, Prancis, dan Jerman. Adanya rute tujuan negara-negara tersebut memudahkan mobilisasi penduduk di Asia, khususnya Asia Tenggara untuk menjangkau Eropa.

Rute yang diterbangi maskapai Malaysia Airlines sangatlah banyak. Maskapai jagoan negara tetangga ini memiliki banyak rute ke berbagai negara. Secara total, maskapai Malaysia Airlines memiliki 118 rute penerbangan domestik dan 114 rute penerbangan internasional. Rute-rute internasional ini pun menerbangi berbagai benua, seperti Benua Eropa, Amerika, Afrika, Australia, dan tentu saja Asia. Jumlah rute ini tidaklah main-main. Dengan banyaknya tujuan yang diterbangi, secara tidak langsung maskapai Malaysia Airlines menunjukkan kelasnya sebagai maskapai terbaik di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, maskapai ini pun bisa bersaing dengan maskapai raksasa dunia.

Langkah cerdas juga diambil maskapai ini guna mengukuhkan pamornya di industri penerbangan. Pada tahun 2013, maskapai Malaysia Airlines bergabung dengan OneWorld. Ini merupakan aliansi penerbangan terbesar ketiga yang ada di dunia. Dengan masuknya Malaysia Airlines ke OneWorld, maskapai ini menjadi terhubung dengan 850 destinasi di 150 negara di belahan dunia. Masuknya maskapai Malaysia Airlines ke OneWorld menjadikan maskapai ini sejajar dengan maskapai raksasa lainnya, seperti Qatar Airways, British Airways, Qantas, Japan Airlines, maupun Cathay Pacific.

Berbagai manfaat positif dituai maskapai ini ketika bergabung dengan OneWorld. Laba perusahaan tentu saja meningkat tajam ketika maskapai Malaysia Airlines terhubung ke berbagai destinasi di seluruh belahan dunia. Keuangan maskapai ini pun menjadi stabil. Hal ini juga memudahkan maskapai Malaysia Airlines untuk terus berekspansi.

Seiring berjalannya waktu, prestasi pun terukir manis di maskapai ini. Ada beberapa prestasi yang pernah diukir maskapai Malaysia Airlines. Maskapai ini tercatat pernah melakukan penerbangan bersejarah, dengan rute Bandara Kuala Lumpur Malaysia ke Bandara Heathrow London. Penerbangan bersejarah ini akan selalu diingat maskapai Malaysia Airlines.

Ungkapan klasik mengenai roda selalu berputar sepertinya tak pernah bisa dilepaskan dari kehidupan. Maskapai Malaysia Airlines pun tak bisa menghindari ketika roda nasib berputar. Ada dua kejadian nahas yang menimpa maskapai ini. Pertama, hilangnya maskapai Malaysia Airlines dengan kode penerbangan MH370. Diduga pesawat ini terjatuh di Samudra Hindia, setelah menghilang dua jam sehabis lepas landas.

Kejadian buruk lainnya yang menimpa Malaysia Airlines ialah jatuhnya pesawat dengan kode penerbangan MH17. Pesawat ini terkena peluru nyasar di kawasan Ukraina, yang berbatasan dengan Rusia. Memang kecelakaan penerbangan masih menjadi momok dalam industri penerbangan. Malaysia Airlines pun mengalaminya. Meskipun mengalami dua kejadian tersebut, bukan berarti maskapai Malaysia Airlines langsung jatuh terpuruk. Memang efek peristiwa itu ada. Namun, perusahaan penerbangan yang telah beroperasi sejak 1972 ini pasti memiliki cara untuk bangkit. Profesionalitas dan etos kerja yang ada diharapkan dapat membawa maskapai ini kembali terbang ke tempat tertinggi. (wol/rls/ags)

Check Also

Sinergi Pemprov dan Bank Indonesia Dukung Pariwisata Sumut

SUMUT, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Bank Indonesia sinergi meningkatkan dan membangun serta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: