Home / Ragam / Gaya Hidup / Makanan Penetralisir Efek Wow Hidangan Lebaran

Makanan Penetralisir Efek Wow Hidangan Lebaran

agregasi
agregasi

 

OPOR ayam, rendang daging, dan sate kambing kerap tersaji sebagai hidangan penghangat silaturahim keluarga kala Lebaran. Tapi, ingat risiko mengonsumsi santan dan proten hewani berlebihan membawa derita darah tinggi.

Nah, ada sederet makanan sehat yang sebaiknya disediakan di rumah sebagai penetralisir serangan hipertensi tiba-tiba saat Lebaran tiba. Disimak yuk!

1. Sayuran hijau

Saat mengonsumsi daging dan makanan bersantan, sebaiknya barengi dengan banyak sayuran hijau. Kandungan kalium dalam sayuran hijau dapat membantu ginjal menyingkirkan lebih banyak sodium melalui urine. Ini nantinya dapat membantu proses menurunkan tekanan darah Anda.

Sayuran hijau tinggi kalium antara lain: selada, kubis atau kol, lobak hijau, sejenis sawi, dan bayam. Anda bisa membeli sayuran dalam jumlah banyak untuk menjadi stok dan menyimpannya di kulkas. Juga dapat memadukan jenis sayuran tadi dengan pisang dan susu kacang untuk membuat jus hijau sehat man manis.

2. Serba Berry

Varian buah berry, terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Sebuah studi menemukan bahwa senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Baik blueberry, raspberry, dan strawberry juga bisa ditambahkan ke menu diet. Caranya dengan mencampurkannya ke dalam sereal atau granola di pagi hari. Ataupun menyimpan buah beri beku untuk pencuci mulut yang cepat dan sehat.

3. Susu skim dan yogurt

Susu skim adalah sumber kalsium yang rendah lemak. Ini adalah elemen penting ketika tengah menjalani diet untuk menurunkan tekanan darah. Anda juga dapat memilih yogurt jika tidak suka susu.

Penelitian American Heart Association menyebutkan, wanita yang mengonsumsi lima atau lebih yogurt dalam seminggu mengalami pengurangan 20% risiko untuk mengembangkan tekanan darah tinggi.

Cobalah padukan granola, almond, dan buah-buahan ke dalam yoghurt untuk manfaat ekstra, yakni jantung sehat. Saat membeli yogurt, pastikan untuk memeriksa gula tambahan di dalamnya. Semakin rendah kuantitas gula per porsi, semakin baik yogurt tersebut.

4. Oatmeal

Oatmeal selalu diyakini sebagai sumber sarapan terbaik berserat tinggi, rendah lemak, dan rendah sodium untuk menurunkan tekanan darah.

Oatmeal yang didiamkan semalaman adalah pilihan sarapan yang paling populer. Untuk membuatnya, rendam 1/2 cangkir oat dan 1/2 cangkir susu kacang ke dalam stoples. Di pagi hari, aduk dan tambahkan buah beri, granola, dan kayu manis secukupnya.

5. Pisang

Makan makanan yang kaya potasium seperti pisang dinilai lebih baik daripada mengonsumsi suplemen tambahan. Prosesnya pun simpel. Cukup tambahkan irisan pisang ke dalam sereal atau oatmeal yang kaya kalium. Anda juga dapat mengonsumsi satu buah pisang bersama dengan telur rebus untuk sarapan cepat atau makanan ringan.

Check Also

Shell Pasarkan Helix Eco Pelumas Mobil LCGC Di Indonesia

Waspada.co.id – Shell Lubricants secara resmi meluncurkan produk pelumas mesin kendaraan roda empat Shell Helix ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: