_
Home / Ragam / Kesehatan / Makanan Ini Dapat Picu Stres Lebih Tinggi
Ilustrasi (foto: bbc.co.uk)

Makanan Ini Dapat Picu Stres Lebih Tinggi

WOL – Sering kali stres dan depresi dialami oleh kebanyakan orang di era ini. Rutinitas sehari-hari dan masalah kehidupan lainnya sudah menjadi hal yang umum mewarnai kehidupan manusia.

Stres yang melanda, jika dibiarkan bisa berlanjut kepada masalah kesehatan. Kesulitan tidur, mudah gelisah, badan terasa sakit, serta gairah seks yang menurun adalah gejala awal stres telah mempengaruhi kesehatan.

Untuk menghindarinya, kebanyakan orang melampiaskan rasa stres dengan cara makan. Mengkonsumsi sesuatu memang diketahui dapat meringankan beban stres yang diderita.

Namun, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa beberapa makanan malah dapat turut menyumbang tingkat stres di dalam tubuh.

“Beberapa makanan memang memiliki sifat yang mampu menyembuhkan. Namun mengonsumsi makanan tertentu bisa membuatmu makin depresi seperti makanan yang tinggi kolesterol, gula, lemak, dan protein jenuh,” ungkap penelitian yang dilansir dari boldsky.com.

“Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan di atas akan membuat produksi hormon serotonin atau hormon yang membuat kamu bahagia jadi rendah. Kamu pun rentan untuk tertekan. Beberapa contohnya adalah makanan kalengan, junk food, atau camilan tinggi garam dan lemak.” sambung penelitian tersebut.

Selain makanan instan dan cepat saji, makanan yang mengandung logam juga akan memperburuk stres yang diderita. Oleh karenanya, penelitian tersebut menganjurkan agar selalu memilih makanan yang segar dan kaya nutrisi untuk memelihara kesehatan fisik dan mental.

“Selain itu toksisitas logam dalam makanan akan membangun jaringan lunak di tulang yang menyebabkan depresi. Untuk itu berhati-hatilah dengan makanan yang kamu konsumsi. Selalu pilih makanan yang segar kaya nutrisi agar kesehatan fisik dan mentalmu tetap terjaga.” (merdeka/sari/data2)

Check Also

Bantu Tumbuh Kembang Otak, 5 Makanan Ini Bikin Anak Makin Pintar

Untuk membantu tumbuh kembang anak, orangtua harus mulai memperhatikan asupan makanan yang memberikan kepada buah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.