Breaking News
Home / Ragam / Gaya Hidup / Liburan Salah Satu Upaya Memperpanjang Umur
Liburan (Foto: Pinterest)

Liburan Salah Satu Upaya Memperpanjang Umur

Waspada.co.id – Mungkin anda saat ini memiliki banyak pekerjaan yang ingin segera diselesaikan. Bahkan anda rela memangkas waktu istirahat dan libur anda demi pekerjaan atau bonus di belakangnya semata.

Apa pun alasannya, anda telah kehilangan hari-hari yang layak untuk berlibur. Sebuah penelitian baru, yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, Health & Aging, menemukan bahwa tidak cukup mengambil waktu liburan dapat berdampak negatif terhadap pola tidur, tingkat stres, dan yang paling penting, umur panjang.

Untuk mengetahui hal ini, para peneliti memeriksa kembali informasi dari Studi Pengusaha Helsinki,. Studi pencegahan penyakit kardiovaskular ini mengamati 1.222 eksekutif pria paruh baya dengan faktor risiko penyakit jantung.

Dilansir melalui Mindbodygreen studi ini menemukan bahwa perubahan gaya hidup termasuk berhenti merokok, meningkatkan aktivitas fisik, makan makanan yang sehat, dan mempertahankan berat badan yang sehat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Bahkan hingga sebesar 46 persen selama masa percobaan.

Meskipun pria sekarang makan lebih baik, berolahraga, dan sebaliknya menjalani gaya hidup sehat, lebih banyak kematian dilaporkan pada kelompok yang berada pada posisi menengah ke bawah dibandingkan kelompok eksekutif atau pengambil keputusan. Para peneliti berpikir mereka mungkin telah menunjuk salah satu alasan untuk faktor hal tersebut yakni waktu liburan.

Pria dalam kelompok intervensi yang mengambil kurang dari tiga minggu libur tahunan memiliki risiko 37 persen lebih besar untuk meninggal daripada pria yang mengambil lebih banyak waktu liburan. Juga, pria yang mengambil liburan lebih pendek ditemukan bekerja lebih banyak dan kurang tidur, menunjukkan gaya hidup yang lebih stres secara keseluruhan.

Para peneliti percaya tingkat stres yang tinggi ini dapat menjadi penyebab meningkatnya risiko kematian. Mereka menyimpulkan bahwa waktu liburan dapat menjadi bentuk yang berharga, namun kurang dimanfaatkan, sebagai pelepas stres.

Berolahraga dan memakan sayuran, tidak bisa menggantikan manajemen stres yang buruk. Jadi prioritaskan Libur Anda jika Anda memilikinya, itu bisa menyelamatkan hidupmu. (republika/ags/data2)

Check Also

Cermati Faktor Pencetus Sakit Jantung

Waspada.co.id – Penyakit jantung merupakan penyebab kematian paling tinggi di dunia termasuk di Indonesia. Penyakit ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: