Home / Ragam / Kesehatan / Lakukan Ini Jika Anak Susah Makan
Ilustrasi

Lakukan Ini Jika Anak Susah Makan

WOL – Saat berusia 1 tahun, masalah yang sering dihadapi orangtua adalah anak yang sukar makan. Padahal seusianya, anak mengalami proses tumbuh kembang yang membutuhkan asupan nutrisi dari makanan.

Untuk mengatasi masalah ini, dokter spesialis gizi klinik Dian Permatasari menganjurkan agar orangtua tidak memaksakan anak untuk menghabiskan porsi makan yang disediakan orangtua. Menurut dia, anak bisa menentukan kapan dirinya harus berhenti makan karena kenyang dan kapan dirinya merasa lapar.

“Kalau dipaksa anak jadi trauma dan justru susah makan. Jadi ini tugas orangtua untuk peka terhadap rasa lapar dan kenyang anak. Kalau nggak habis ya jangan dipaksa, mungkin memang dia sudah merasa kenyang,” ujar dr Dian pada temu media SGM Eksplor di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (24/2).

Selain itu, ia juga merekomendasikan agar orangtua membiasakan anak makan di meja makan tanpa diselingi aktivitas lain, seperti menonton televisi atau memegang gadget. Sehingga anak akan merasa bahwa makan merupakan kegiatan penting yang harus dipenuhi sesuai dengan jadwalnya.

“Makan merupakan pembelajaran, sehingga agar anak disiplin saat makan, orangtua harus mendampingi dan memberi contoh,” ujar dia.

Dengan menjalani pola makan sesuai jadwal dengan gizi lengkap dan seimbang, anak akan memiliki tumbuh kembang dan kemampuan bersosialisasi yang baik.

“Karena kalau anak rewel ketika lapar, suasana hati dia jadi nggak enak. Kegiatan bersosialisasi jadi terganggu,” pungkas dia. (suara/ags/data3)

Check Also

Beri Asupan Yang Tepat Saat Anak Diare

Waspada.co.id – Ketika anak terkena diare, orangtua pasti menjadi panik. Ini adalah penyakit yang sering ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: