_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Lahirkan Banyak Seniman, Medan Layak Jadi Ruang Kreatif

Lahirkan Banyak Seniman, Medan Layak Jadi Ruang Kreatif

MEDAN, Waspada.co.id – Sebagai kota sejarah, Medan memiliki perkembangan kebudayaan yang begitu besar. Di era industri kreatif ini, sudah selayaknya Medan memiliki ruang kreatif sebagai wadah dalam menunjukkan bakat-bakat seni yang ada di kota terbesar di pulak Sumatera ini.

Melihat hal tersebut, sutradara ternama Garin Nugroho bersama Bakti Budaya Djarum Foundation menyapa para seniman muda tanah air melalui roadshow “Bincang Kreatif Seni Pertunjukan” di Universitas HKBP Nomensen Medan, Selasa (6/9).

Di mana program yang telah berjalan selama 4 tahun ini mempertemukan pelaku seni pertunjukan ternama dan berpengalaman dengan seniman-seniman muda di berbagai daerah di Indonesia.

Garin Nugroho menuturkan Kota Medan harus menjadi salah satu pusat pertumbuhan seniman-seniman. Caranya, bisa melahirkan pertunjukan-pertunjukan seni di ruang kreatif, jika tidak bisa maka terjadi kemunduran peradaban yang ada.

“Misi kita datang ke sini karena kita tahu peradaban Kota Medan yang luar biasa dari sisi pertumbuhan ekonominya namun tidak dibarengi dengan pertumbuhan industri kreatif. Padahal, kita percaya sejak zaman Belanda sampai kemerdekaan atau 70an banyak seniman yang lahir dari Medan terutama dari seni suara,”tuturjyq.

Jadi bisa menjadi semacam peta bagi komunitas muda seni pertunjukan di Medan, tidak hanya proses mencipta namun juga jejaring maupun manajemen menorganisasi, proses kreatif serta perluasan referensi seni.

Sementara menurut Program Manager, Bakti Budaya Djarum Foundation, Billy Gamaliel tentunya pertemuan yang menjadi wadah diskusi, sharing ilmu dari pengalaman yang melibatkan instruktur dari seniman profesional diselenggarakan di Medan, Manado, Cirebon dan Banjarmasin.

“Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan Indonesia ini merupakan program yang bertujuan mengedukasi masyarakat, khususnya pelaku seni agar mengetahui proses awal produksi hingga akhirnya sebuah karya bisa ditampilkan di atas panggung,” jelasnya.

Program ini juga diharapkan mendorong kreator muda yang tergabung dalam komunitas seni bukan hanya dari Medan untuk mengasah kreativitasnya dan memperkuat sistem pengelolaan serta kolaborasi dalam seni pertunjukan. Semoga semakin banyak para seniman muda yang berpartisipasi dalam program ini sehingga proses regenerasi di bidang seni pertunjukan Indonesia tetap berjalan.

“Karya seni terpilih ini akan dipentaskan di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta pada Maret 2020 mendatang,” ujarnya.

Sastrawan dan maestro teater dari Teater Satu Lampung, Iswadi Pratama menambahkan, setiap pekerja seni sudah sangat mengerti bahwa kreativitas adalah syarat wajib yang harus dimiliki untuk menghasilkan karya seni.

“Namun, untuk menampilkan hasil karya tersebut ke atas panggung tidak bisa dilakukan sendiri tapi juga membutuhkan manajemen produksi yang tepat dalam proses kreatifnya,” tandasnya.(wol/Eko/data1)

适适

Check Also

Ini Pemenang Undian WOW Smartfren Tahap Pertama

JAKARTA, Waspada.co.id – Smartfren mengumumkan pemenang program Undian WOW Smartfren tahap pertama yang dihadirkan sebagai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.