Home / Ragam / Gaya Hidup / Kurni, Kartini Dari Suku Anak Dalam Jambi
foto: Okezone

Kurni, Kartini Dari Suku Anak Dalam Jambi

JAMBI, Waspada.co.id – Kurni (13), salah seorang Kartini yang berasal dari Kelompok Tumenggung Ngelam Suku Anak Dalam Jambi begitu gigih menempuh pendidikan meskipun diketahui memiliki latar belakang suku yang kerap berpindah-pindah tempat tinggal.

Putri dari pasangan Nugraha dan Nurita tersebut awalnya enggan untuk mengenyam bangku pendidikan. Namun berkat nasihat Serda Husni Tamrin yang bertugas sebagai Babinsa di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi ini, akhirnya ia pun mau.

Kurni saat ini sudah duduk di bangku kelas VII sekolah menengah pertama (SMP). Ia menyatakan terus meneladani kegigihan Ibu Kartini untuk menggapai pendidikan tinggi.

“Ya, walau saya dari suku minoritas, kami tidak surut untuk mencari pendidikan. Saya akan terus berjuang untuk mengejar cita-cita menjadi seorang dokter,” terang Kurni seperti dilansir dari laman okezone, Sabtu (21/4).

Kurni menjelaskan, masih banyak kaum perempuan di kelompoknya yang belum mengenal pendidikan. Bahkan, belum bisa melakukan menghitung, membaca, serta menulis.

“Ya, rata-rata belum tahu soal baca-tulis. Untuk itulah, saya ingin menjadi contoh bagi mereka bahwa pendidikan itu sangat penting” bebernya

Sementara itu Serda Husni Tamrin mengaku menemukan kendala utama untuk mengenalkan pendidikan kepada warga khususnya Suku Anak Dalam, lantaran aktivitas mereka yang selalu berpindah-pindah tempat.

“Kendala utama ya itu, mereka tidak menetap. Namun saya tidak patah semangat. Saya ‘jemput bola’ mengenalkan baca-tulis ke sudung-sudung (rumah) mereka,” ujarnya.(wol/mrz/okezone/data1)

Check Also

Dandim 0113: Prajurit Harus Hindari Bentuk Pelanggaran

BLANGKEJEREN, WOL – Dandim  0113/Gayo Lues Letkol Inf M. Faisal Nasution, secara khusus menyampaikan prajurit ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: