Home / Medan / Kunjungan Wisata ke Istana Maimun Meningkat 2017
WOL Photo/Eko

Kunjungan Wisata ke Istana Maimun Meningkat 2017

MEDAN, WOL – Diketahui, sejak bulan Mei hingga Desember di penghujung tahun 2017 ini, tercatat  jumlah wisatawan berkunjung ke Istana Maimun mengalami peningkatan sebanyak 10 persen dari sebelumnya.

Adapun jumlah itu terdiri dari wisatawan lokal, domestik dan mancanegara mencapai rata-rata per bulannya berada di angka 30 ribu atau per harinya ada 1000 orang yang berwisata ke ikon Kota Medan tersebut.

Ketua Umum Yayasan Sultan Ma’meon Al Raysid, Tengku Reizan Ivansyah, mengatakan berdasarkan data tersebut, Istana Maimun paling banyak menjadi sasaran wisatawan lokal. Namun, wisatawan mancanegara cukup signifikan meningkat hingga 27 persen.

“Itu kan berdasarkan data sejak bulan Mei dan pengunjung juga ada fase pasang surut ya. Di mana kalau hari biasa gak terlalu membludak namun ketika menjelang liburan, seperti libur panjang di bulan Juni itu akan melonjak dan apalagi libur di penutup tahun ini,” ungkapnya kepada Waspada Online, Jumat (29/12).

Untuk meningkatkan pendapatan, dijelaskannya, selain dari tarif tiket, ke depannya Istana Maimun akan memberikan terobosan-terobosan  terbaru dengan menampilkan wisata baru seperti kuliner, wahana, cinderamata, guna meningkatkan jumlah wisatawan.

Tidak hanya itu, disebutkannya, pihaknya tengah merancang wisata air khususnya Sungai Deli yang akan diperkenalkan pada Februari 2018 mendatang.

“Ya seperti tujuan yayasan itu sendiri, kita mengolah dengan profesional, kami juga mensejahterakan ahli waris sebagai pemilik dari istana ini. Jadi dengan terobosan ini bisa membuka lapangan pekerjaan serta mendongkrak  ekonomi para ahli waris,” ujarnya.

Sementara itu, Reizan juga menegaskan di kepengurusannya akan lebih menggalakkan pungunjung dari sektor tamu VVIP atau tamu kenegaraan. Hal ini mengingat diketahui baru-baru ini, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo datang ke Istana Maimun mengahadiri Festival Keraton Nusantara di Istana Maimun, pada Minggu (26/11) lalu.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa mengundang Presiden Jokowi kemarin dan ini sebuah prestasi bagi kami mendatangkan orang nomor satu di republik ini. Dan kabar baiknya dia janji akan sering berkunjung ke sini dan ini juga menjadi ajang untuk terus melakukan pembenahan,” katanya.

Sebagai bangunan peninggalan yang memiliki banyak nilai sejarah, Istana Maimun pun telah dinobatkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Medan menjadi cagar budaya Sumatera Utara. Selain itu, bangunan bergaya Islam, Spanyol, India dan Italia itu juga dibobatkan lantaran usianya yang sudah menginjak 130 tahun namun masih berdiri kokoh.

“Ya dari pihak pemerintah bisa memberikan perhatian lebih terhadap cagar budaya ini. Karena selama ini perhatian pemerintah sepertinya berkurang, dan kami pun sebagai pengelolah mengharapkan itu,” pungkasnya. (wol/iam/data1)

Editor: Agus Utama

Check Also

Pertamina Pastikan Pasokan LPG Cukup

MEDAN, Waspada.co.id – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I menyelenggarakan Operasi Pasar LPG ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: