_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Kuku Cerminan Kesehatan Fisik Anda, Waspadai!
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Kuku Cerminan Kesehatan Fisik Anda, Waspadai!

Kuku merupakan bagian tubuh yang sering dilihat, sehingga tak jarang para wanita menjaga dan merawatnya agar tampilan mereka lebih menarik. Tapi pernahkah kamu memperhatikan kukumu berubah warna atau terdapat goresan garis? Hal ini dapat menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah atau buruk yang terjadi dengan tubuh dan kesehatanmu lho.

Melansir Shape, Kamis (10/1/2019), yuk simak tanda-tanda pada kuku ini yang bisa memberitahukan keadaan kesehatanmu yang dapat membantu kamu melihat tanda-tanda peringatan dini:

Kuku pucat

Jika warna kukumu terlihat pucat, kemungkinan itu tanda menderita anemia yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah. “Anemia akibat kadar zat besi yang rendah dapat menyebabkan kekurangan oksigen dalam darah, dan itu menyebabkan kulit dan jaringan menjadi pucat, terutama jaringan di bawah kuku,” kata Shilpi Agarwal, MD, dokter pengobatan holistik di Los Angeles.

Kuku pucat juga bisa menjadi tanda diabetes dini atau penyakit liver, yang keduanya dapat menyebabkan gangguan aliran darah. “Ketika didiagnosis dini, diabetes seringkali dapat dikontrol dengan perubahan pola makan,” kata Dr. Agarwal.

Hindari makanan olahan dengan gula dan karbohidrat, dan konsumsi lebih banyak serat, sayuran, dan biji-bijian. “Ini akan membantu menstabilkan kadar gula darah dan membatasi kerusakan peredaran darah yang disebabkan oleh kadar gula yang tidak terkontrol,” katanya.

Check Also

Selain Percantik Ruangan, Ternyata Ini Khasiat dari Lidah Mertua

Sejumlah tanaman hias tidak hanya berfungsi sebagai pemercantik ruangan, namun bagian-bagian tubuhnya juga memiliki beragam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: