_
Home / Ragam / Kesehatan / Konsumsi Gandum Utuh Dapat Turunkan Risiko Stroke dan Kanker Usus
foto: cloudinary.com

Konsumsi Gandum Utuh Dapat Turunkan Risiko Stroke dan Kanker Usus

agregasi

 

Mengonsumsi gandum utuh memiliki banyak kandungan yang manfaat kesehatan untuk tubuh. Menurut penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health, mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat dan gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit kronis tidak menular seperti stroke dan kanker usus.

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa gandum utuh terdiri dari tiga bagian penting, yaitu inti gandum utuh yang bertepung (starchy core), bagian tengah yang kaya nutrisi (nutrient packed center) dan lapisan gandum utuh (fiber bran layer), yang mengandung vitamin, mineral, dan kaya akan antioksidan.

Guru Besar Pangan dan Nutrisi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ali Khomsan mengatakan, saat ini penyebab kematian tertinggi di Indonesia disebabkan oleh stroke, penyakit jantung koroner, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Namun, penelitian terbaru dari Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa mengonsumsi serat lebih banyak dapat mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit tersebut sebanyak 15-30%, dibandingkan mereka yang mengonsumsi serat lebih sedikit.

“Sementara itu, saya melihat masyarakat Indonesia belum mengonsumsi gandum utuh secara cukup dalam makanan mereka sehari-hari. Padahal sangat baik mengonsumsi gandum utuh bersamaan dengan buah, sayuran, dan kacang-kacangan,” ujar Prof. Ali dalam peluncuran tantangan “7 Days Wholegrain Challenge” atau “Tantangan 7 Hari Gandum Utuh”.

Tantangan tersebut merupakan acara yang dibuat Nestle Breakfast Cereals untuk mengajak orangtua di Indonesia agar menambahkan gandum utuh ke dalam menu sehari-hari di rumah. Para orangtua diajak berbagi ide menu kreasi mereka di media sosial untuk menginspirasi orang-orang agar memulai kebiasaan sehat tersebut. Melalui tantangan ini, orang tua juga diedukasi tentang manfaat gandum utuh bagi tubuh dengan cara yang menarik.

Business Executive Officer Cereal Partners Worldwide Indonesia, Alaa Shaaban mengatakan, tantangan ini merupakan bagian dari partisipasi Nestlé Breakfast Cereals dalam kegiatan PESAN (Pekan Sarapan Nasional), sekaligus bentuk komitmen dalam menyediakan sarapan yang sehat dan bergizi bagi keluarga

“Kampanye ini juga sejalan dengan inisiatif global “Nestlé for Healthier Kids” yang menargetkan untuk membantu 50 juta anak-anak agar hidup lebih sehat dan bahagia. Kami percaya bahwa setiap keluarga di Indonesia sebaiknya rutin mengonsumsi gandum utuh setiap harinya, misalnya dengan menambahkan kandungan tersebut ke dalam porsi sarapan,” tandasnya.

Check Also

Mudik Lebaran, Begini Cara Membawa MPASI yang Baik dan Benar

  Lebaran sudah tinggal menghitung hari, pastinya semua umat muslim sudah tidak sabar untuk merayakan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: