Home / Ragam / Kesehatan / Konsumsi Anggur Setiap Hari, dan Rasakan Manfaatnya
Istimewa

Konsumsi Anggur Setiap Hari, dan Rasakan Manfaatnya

WOL – Makan buah anggur setiap hari tidak hanya meningkatkan jumlah asupan nutrisi dan vitamin untuk tubuh saja akan tetapi juga berguna sebagai pencegahan penyakit tertentu. Nah berikut adalah manfaat luar biasa saat Anda makan anggur setiap hari.

1. Mencegah Penyakit kardiovaskular
Anggur dapat meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam darah, proses ini membantu mencegah pembentukan bekuan darah. Karena itu, makan buah anggur merupakan cara yang efektif untuk mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, Anggur juga mengandung banyak flavonoid, berupa senyawa antioksidan sangat kuat.

Dua flavonoid utama yang ditemukan pada buah anggur adalah resveratrol dan quercetin. Kedua zat ini bekerja untuk mengurangi efek negatif radikal bebas dan mengurangi jumlah kolesterol jahat pada arteri. Zat ini juga bisa mengurangi jumlah plak dan menghilangkan zat berbahaya dari pembuluh darah.

2. Menyembuhkan Migrain
Ada banyak penyebab migrain, termasuk ketidakseimbangan kimia dalam tubuh, kurang tidur, perubahan cuaca atau kekurangan nutrisi. Oleh karena itu, sangat sulit untuk menentukan penyebab pasti migrain Anda. Minum alkohol juga dianggap sebagai penyebab utama migrain, namun anggur mengandung banyak antioksidan yang bisa mengurangi gejala migrain.

3. Mengobati Sembelit
Anggur sangat efektif dalam mencegah sembelit, karena mengandung asam organik, gula dan selulosa. Anggur menghilangkan sembelit dengan memperkuat otot di perut dan usus halus. Anggur juga mengandung banyak serat yang tidak larut, yang berarti serat ini tetap utuh saat melewati saluran pencernaan. Sejumlah besar serat ini akan mendorong pembentukan dan ekskresi kotoran, sehingga anggur dapat menyebabkan Anda buang air besar lebih sering.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Anggur memainkan peran penting dalam mengurangi gangguan pencernaan. Anggur mengurangi panas dan bisa mengobati gangguan pencernaan serta mengurangi iritasi pada perut

5. Mengobati Anemia
Anggur dapat membantu menjaga keseimbangan zat besi dan mineral dalam tubuh. Zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi banyak fungsi tubuh, terutama untuk memproduksi sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan Anda menjadi lesu, pikiran Anda tidak bekerja cepat dan efektif.

6. Menyembuhkan Asam Urat
Anggur dapat secara signifikan mengurangi kadar asam urat dan membantu mengeluarkan asam dari saluran kemih, sehingga mengurangi tekanan pada ginjal. Anggur mengandung banyak air, sehingga akan merangsang urine, membantu menghilangkan asam urat yang terkumpul di dalam tubuh.

7. Mncegah Degenerasi Makula
Anggur dapat mencegah kehilangan penglihatan akibat penuaan dan degenerasi makula. Penelitian yang dilakukan di University of Miami menunjukkan bahwa rutin makan buah anggur dapat mendukung kesehatan mata dan mengurangi penyakit mata terkait penglihatan.

8. Sebagai Anti Kanker
Anggur terbukti mengandung bahan anti kanker, karena efek antiinflamasi resveratrol, terutama dengan kanker kolorektal dan kanker payudara. Anthocyanin dan pro-anthocyanidin dalam buah anggur mampu menghambat pertumbuhan zat karsinogen dalam tubuh. Tak hanya mencegah kanker, Anggur juga menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker saat kanker menjangkit tubuh. (vivablog/ags/data2)

Check Also

Dahsyatnya Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Waspada.co.id – Kesehatan sangat mahal harganya. Jika kita mengingat pada zaman dahulu, akan terbayang para ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: