_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Klaim Asuransi Nasabah, Sompo Lakukan Ini

Klaim Asuransi Nasabah, Sompo Lakukan Ini

Waspada.co.id – Sepertinya memiliki rumah dan kendaraan bermotor adalah impian banyak orang. Namun, aset bergerak dan tidak bergerak yang dimiliki belum tentu bebas risiko.

Di sebabkan , banyak perusahaan menawarkan produk asuransi properti dan kendaraan bermotor untuk melindungi aset tersebut.Pun begitu, meski terlindungi asuransi, risiko yang tidak diinginkan bisa saja terjadi kapan pun dan di mana pun. Jika hal ini menimpa, tentu akan mengajukan klaim ke perusahaan asuransi.

Head of Corporate & Marketing Communication PT Sompo Insurance Indonesia, Marsiana menurkan Sebagai pemilik aset dan pemegang polis harus mengerti dan memahami manfaat asuransi yang benar. Jika tidak, bukan tak mungkin klaim yang diajukan tidak dapat diproses. Akibatnya, akan dirugikan karena harus membiayai perbaikan rumah atau mobil dari kantong sendiri.

“Sompo Insurance, salah satu perusahaan asuransi kerugian di Indonesia menawarkan kemudahan klaim bagi nasabah melalui berbagai kanal. Salah satunya, dengan ketersediaan layanan call center Sompo Care 14051.

Tidak hanya itu, Sompo Insurance juga menawarkan layanan melalui surat elektronik ke customer@sompo.co.id, WhatsApp 081-113-14051 hingga fitur live chat yang tersedia di www.sompo.co.id, yang seluruhnya dapat diakses dengan mudah selama 24 jam dalam seminggu.

Pada jam operasional kerja, nasabah bahkan dapat mengunjungi kantor cabang Medan yang berlokasi di Bank Mandiri Building Lantai 7, Jalan Imam Bonjol,” katanya.

Proses klaimnya terbilang mudah dan cepat. Terbukti rata-rata waktu penyelesaian klaim yang dilakukan Sompo Insurance maksimal 14 hari kerja.

Ia mencontohkan, klaim asuransi kendaraan bermotor misalnya, maksimal 3 hari kerja untuk 1-3 panel. Untuk 4-8 panel akan memakan waktu 7 hari kerja. Sedangkan di atas 8 panel membutuhkan sekitar 14 hari kerja untuk kerusakan ringan tanpa adanya pergantian parts kendaraan.

Proses klaim asuransi kendaraan bermotor ini juga ditunjang dengan para mekanik handal. Namun demikian, perlu diperhatikan waktu hari kerja ini akan berpengaruh apabila stok suku cadang habis dan harus pesan terlebih dahulu.

Sementara itu, sambung Marsiana, untuk proses klaim asuransi properti tanpa melibatkan loss adjuster (tim penilaian kerugian asuransi), dengan perkiraan waktunya antara 1 minggu hingga maksimal 1 bulan.

Akan tetapi, tambah dia, jika kerugian yang ditaksir melebihi Rp100 juta, maka tim klaim akan menunjuk loss adjuster dan periode penyelesaian klaim menjadi bergantung pada kinerja mereka dalam mengelola dokumen. Setelah dokumen lengkap, tim klaim akan mengirimkan surat penawaran ganti rugi kepada tertanggung.

“Apabila tertanggung sepakat dan mengembalikan surat beserta invoice, maka Sompo Insurance akan memproses pembayaran di sistem. Jika credit note selesai ditandatangani, maksimal 10 hari kerja tim klaim akan menerima bukti transfer bahwa klaim telah dibayarkan,” terangnya.

Meski demikian, kata Marsiana, patut diingat jangka waktu proses klaim tersebut sangat bergantung pada kerusakan yang dialami masing-masing aset yang diasuransikan

Nizar Lubis selaku Head of Claim Division memaparkan Sepanjang tahun 2018, total klaim bruto yang telah dibayarkan Sompo Insurance mencapai lebih dari Rp 457 Miliar.(wol/rls/data1)

Check Also

Lahirkan Banyak Seniman, Medan Layak Jadi Ruang Kreatif

MEDAN, Waspada.co.id – Sebagai kota sejarah, Medan memiliki perkembangan kebudayaan yang begitu besar. Di era ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.