Home / Ragam / Gaya Hidup / Ketahui Teknik-Teknik Ini Sebelum Melakukan Free Diving
Ilustrasi Menyelam (foto: Shutterstock)

Ketahui Teknik-Teknik Ini Sebelum Melakukan Free Diving

agregasi
agregasi

 

FREE diving atau berenang bebas di lautan semakin digemari para pecinta wisata bahari. Aktivitas ini memang cocok dilakukan untuk mengenal alam Indonesia lebih dekat.

Namun, untuk melakukan free diving Anda tidak bisa sembarangan karena harus mengenal terlebih dahulu teknik dasar untuk keselamatan diri Anda. Sebab, ketika berada di bawah air, hanya diri Anda yang bisa menyelamatkan nyawa sendiri.

Mikhael, seorang instruktur free dive yang sudah ahli di bawah air membagikan tips dan trik kepada Anda yang masih pemula.

Free diving tidak harus menggunakan peralatan seperti scuba, hanya perlu menahan nafas, dan rileks,” tegas Mikhael.

Menahan nafas juga membutuhkan teknik, sebab Anda harus tenang dan nyaman ketika berada di bawah air untuk membuat aktivitas free dive lebih menyenangkan. Dalam menyelam pun Anda juga harus ditemani seseorang yang bisa menjaga Anda.

Kunci dari berenang di lautan tanpa peralatan adalah berpikir positif akan kadar oksigen yang dimiliki oleh tubuh. Sebab, dalam satu menit, kadar oksigen hanya berkurang hingga 1 persen, namun semakin lama menahan pernafasan oksigen pun akan semakin banyak terkuras.

“Jika kadar oksigen sudah 50 persen biasanya orang tersebut akan pingsan,” tuturnya.

Mikhael pun menjelaskan jika dalam free dive, kaki katak yang digunakan harus lebih panjang karena itu akan mempercepat laju, dan tidak mengeluarkan banyak energi, dibandingkan kaki katak yang pendek.

“Untuk latihan sendiri bagi pemula harus di kolam renang, jangan langsung di laut karena harus belajar mengenal arus dan teknik dasar terlebih dahulu,” paparnya.

Jika sudah ahli dalam menyelam, Anda bisa langsung menyicipi keindahan bawah laut seperti di Bali atau Lombok yang terkenal dengan pesona air biru, dan biota lautnya.

Check Also

Rumah Makan Unik di Dunia, dari yang di Atas Pohon hingga Bawah Laut!

  PERKEMBANGAN industri kuliner berkembang pesat. Banyak bermunculan nama-nama restoran yang mengadopsi konsep yang unik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: