Home / Ragam / Kesehatan / Ketahui Keuntungan Tidur Siang
Istimewa

Ketahui Keuntungan Tidur Siang

WOL – Kebanyakan orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekadar satu jam saja. Padahal istirahat siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang Anda kerjakan di kantor. Dibandingkan mengejar pekerjaan agar cepat selesai, lebih baik luangkan waktu sementara demi manfaat berikut ini.

Meningkatkan Daya Ingat
Tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya kerja otak dalam mengingat sesuatu. Bahkan menurut penelitian di Australia pada 2008, tidur siang dalam waktu 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak lebih baik dibandingkan minum air putih. Wow!

Meningkatkan Rasa Waspada
Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian ini juga menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga.

Meningkatkan Mood
Neurotransmitter serotonin berfungsi untuk mengatur suasana hati. Tapi ketika tubuh kita stres, jumlah serotonin yang digunakan menjadi lebih tinggi sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, dan mudah terganggu. Nah, tidur siang mampu mengembalikan serotonin yang hilang dan memperbaiki mood Anda.

Meningkatkan Kreativitas
Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Hal ini ternyata mampu meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru setelah indera Anda di-restart.

Mengatasi Insomnia
Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia lho dear. Tidur siang merupakan obat pengganti sulit tidur di malam hari. Hanya saja jangan jadikan hal ini menjadi kebiasaan. Tidurlah 40 sampai 75 menit untuk menyegarkan otak serta memperbaiki sistem imun tubuh yang kurang akibat sulit tidur di malam hari.

Mengurangi Stres
Banyaknya aktivitas yang Anda kerjakan di kantor membuat otak menjadi lebih tegang karena proses berpikir yang tiada habisnya. Hal ini bisa meningkatkan hormon kortisol dan menimbulkan stress serta mengancam kesehatan tubuh dan emosional Anda. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, luangkan waktu untuk tidur siang meski hanya beberapa menit saja.

Meningkatkan Kesehatan
Kurang tidur juga menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres, membantu kita dalam merespon anggota tubuh. Kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, serta melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh. Sudah tidur siang hari ini? (cosmo/data2)

Check Also

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Vitamin Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

ANAK-anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup selama masa pertumbuhan. Namun kadang kala ada kebutuhan nutrisi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: