Home / Ragam / Kesehatan / Wanita Lebih Sering Mengalami Hipertensi di Usia 60-an, Ini Sebabnya!
Hipertensi (Foto: Huffingtonpost)

Wanita Lebih Sering Mengalami Hipertensi di Usia 60-an, Ini Sebabnya!

agregasi
agregasi

 

HIPERTENSI, permasalahan kesehatan ini kerap dikaitkan pada pria dibandingkan wanita. Kenyataannya, hipertensi atau tekanan darah tinggi banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria.

Berdasarkan data dari Riskesdas 2013, prevalensi hipertensi yang dialami oleh wanita Indonesia lebih tinggi. Disebutkan, 28,8 persen wanita mengalami hipertensi, sedangkan pria sebesar 22,8 persen.

dr Arieska Ann Soenarta, SpJP, FIHA, menjelaskan bahwa hipertensi bisa berakibat pada kelainan kardiovaskular. Bahkan kelainan ini bisa menyebabkan kematian, terutama di negara berkembang dibandingkan negara barat.

“Kalau orang yang mempunyai tekanan darah tinggi, ia punya faktor risiko lain lebih mungkin kematiannya akibat kardiovaskuler,” jelas wanita yang disapa akrab dr Ann di kantor Indonesian Society of Hypertension, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2017).

Ia menjelaskan, tekanan darah sistolik normal pada wanita di Asia Tenggara sekira 124-128 mmHg dan 125-129 mmHg pada pria. Di rentang usia 30-44 tahun, biasanya tekanan darah pria lebih tinggi dibandingkan wanita. Sementara di usia 60 tahun ke atas, wanita memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibandingkan pria.

Mengapa wanita di usia 60an mengalami hipertensi? Secara alamiah, dr Ann mengatakan, hal ini dipengaruhi oleh hormon estrogen. Saat wanita mengalami menopause, hormon estrogen juga akan menurun. Hal ini berimplikasi pada kenaikan tekanan darah pada wanita.

“Hormon estrogen turun, ada akibatnya, sel-sel endotil dari pembuluh darah akan rusak. Kerusakan satu sel akan mencetus terjadinya plak-plak,” terang dr Ann.

Hal inilah yang menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan juga stroke. Dr Ann berkesimpulan, faktor inilah yang menyebabkan hipertensi banyak dijumpai di kalangan wanita lebih banyak dibandingkan pria di usia 60 tahun ke atas.

Check Also

Bukan Hanya Lapar, Ini 3 Penyebab Lainnya Mengapa Orang Makan Berlebihan

  SEGALA  sesuatu yang berlebihan dari seharusnya akan memberikan dampak negatif, termasuk saat makan. Makan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: