Home / Ragam / Gaya Hidup / Kenapa Disebut Operasi Plastik? Padahal Tak Gunakan Bahan Plastik
kaskus.id

Kenapa Disebut Operasi Plastik? Padahal Tak Gunakan Bahan Plastik

WOL – Pernahkah kamu memikirkan seperti apa sejarah operasi plastik? Kenapa disebut operasi plastik, sementara prosedur bedah ini tak pernah menggunakan bahan plastik? Saat istilah operasi plastik muncul, bahan plastik sendiri bahkan belum ditemukan.

Prosedur operasi plastik tertua yang tercatat sejarah dilakukan pada abad 16. Gaspare Tagliacozzi, seorang tabib asal Italia mencoba memperbaiki cacat hidung salah satu pasiennya dengan transplantasi jaringan kulit dari lengan bagian dalam. Sementara istilah operasi plastik sendiri digunakan untuk pertama kalinya pada abad 19, tepatnya pada tahun 1837.

Namun seperti yang sudah kita ketahui bersama, bedah kosmetik ini sama sekali tidak menggunakan bahan plastik. Dilansir Medscape, plastik baru ditemukan 18 tahun kemudian. Lalu dari mana istilah operasi plastik berasal?

Dilansir Listverse, kata plastik dalam operasi plastik diadopsi dari bahasa Yunani, yaitu plastikos. Kata ini memiliki arti ‘membentuk’ atau ‘mencetak’, sesuai dengan tujuan operasi plastik pada saat itu, yaitu rekonstruksi bagian tubuh yang rusak atau mengalami kecacatan.

Pada pertengahan abad 19, jenis operasi plastik semakin beragam. Salah satunya adalah rhinoplasty atau operasi hidung. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknik anestesi dan sterilisasi yang penting untuk meminimalisir risiko dalam operasi plastik. Kendati demikian, pada masa itu operasi plastik belum diakui sebagai salah satu cabang ilmu kedokteran. (merdeka/ags/dev)

 

Check Also

4 Fakta Program Bayi Tabung yang Mungkin Tidak Dikatakan Dokter

  BANYAK pasangan suami istri yang mengikuti program kehamilan seperti bayi tabung untuk segera mendapatkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: