Home / Ragam / Kesehatan / Kenali Jenis Teh Yang Tepat Untuk Redakan Gangguan Kesehatan
Ilustrasi

Kenali Jenis Teh Yang Tepat Untuk Redakan Gangguan Kesehatan

WOL – Teh merupakan minuman favorit masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia pada umumnya. Siapa sangka, dibalik kesederhanaan minuman ini tersimpan beragam manfaat untuk kesehatan.

Ya, teh memang dikenal dapat meredakan berbagai gangguan kesehatan. Namun bagaimana memilih jenis teh yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan anda? Berikut ulasannya.

Mengatasi perut kembung
Teh adas adalah pahlawan bagi saluran pencernaan karena mengandung senyawa yang mampu menenangkan kejang gastrointestinal, sehingga gas di dalam perut lebih mudah untuk dikeluarkan, kata ahli nutrisi Cynthia Sass, MPH, RD.

Redakan batuk yang menganggu
Untuk meredakan gangguan ini, cobalah teh marshmallow yang terbuat dari daun dan akar-akaran. Teh marshmallow diketahui telah digunakan selama ratusan tahun untuk menenangkan batuk dan membantu mengatasi iritasi tenggorokan.

Menenangkan saraf
Teh chamomile diketahui dapat membantu menenangkan kegelisahan yang dapat memicu stres. Senyawa chamomile diketahui mampu mengikat reseptor yang sama seperti obat penenang, misalnya Valium.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Pennsylvania Medical Center menemukan bahwa teh atau chamomile yang dikonsumsi selama delapan minggu, secara siginifikan dapat membantu menenagkan saraf bagi penderita gangguan kecemasan.

Mengatasi masalah tidur
Untuk masalah yang satu ini, teh lavender adalah jawabannya. Dari aromanya saja, lavender sudah dapat membuat seseorang mengantuk. Teh lavender juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

Meringankan kram karena menstruasi
Siklus menstruasi yang dialami wanita terkadang dapat berubah menjadi mimpi buruk. Untuk mengatasinya, cukup konsumsi teh jahe yang diketahui efektif untuk membantu mengobati gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti kram dan perut melilit.

Redakan sakit perut
Ketika anda memiliki masalah dengan perut, cobalah teh peppermint yang berfungsi menenangkan otot-otot dalam sistem pencernaan anda. Namun, jika rasa sakit anda disebabkan oleh refluks asam, sebaiknya jangan minum teh peppermint ini. Pasalnya, pepermint memiliki efek relaksasi pada sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan asam lambung naik kembali ke kerongkongan. (kompas/sari/data2)

Check Also

Sering ‘Ngantuk’, Ini Penyebabnya

Waspada.co.id – Sudah merasa tidur cukup, tapi seharian masih ngantuk? Hal ini kerap menyiksa apalagi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: