Home / Fokus Redaksi / Kemenpar Gencar Promosi Danau Toba
WOL Photo/Ega Ibra

Kemenpar Gencar Promosi Danau Toba

SURABAYA, Waspada.co.id – Danau Toba kini menjadi salah satu destinasi prioritas di Sumatera Utara (Sumut) yang tengah gencar dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI.

Demi menggenjot kunjungan wisatawan ke destinasi ini, Kemenpar melakukan berbagai upaya, salah satunya menggelar sales mission atau misi penjualan ke berbagai kota di Indonesia. Setelah sukses berlangsung di Yogyakarta, kegiatan misi penjualan Danau Toba, dilanjutkan ke Surabaya.

Kegiatan yang diselenggarakan Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional Kemenpar ini memasilitasi industri pariwisata yang terdiri atas 15 travel agent atau travel operator dan 15 hotel dari Sumut. Kegiatan misi penjualan selama tiga hari di Ciputra World ini diisi dengan table top dan penjualan langsung (direct selling) paket wisata ke Danau Toba, talkshow, demo kuliner masakan Sumut, seminar serta pentas artis dengan menampilkan Sammy Simorangkir.

Kepala Sub Bidang Area I A Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kemenpar, Rahma Yuliana, menjelaskan kegiatan misi penjualan ini merupakan bentuk promosi dan pemasaran yang efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap destinasi pariwisata prioritas Danau Toba.

Selain itu, sebagai pemasaran tertarget baik dalam format business to business (B2B) maupun business to consumer (B2C) dengan mempertemukan secara langsung antara sellers dan buyers yang berorientasi pada pencapaian transaksi penjualan, sekaligus mendorong jumlah kunjungan wisatawan dari Jatim ke Danau Toba.

Danau Toba sebagai destinasi pariwisata prioritas terus dikembangkan dan dipromosikan dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang menargetkan 1 juta wisman pada 2019. Untuk mencapai target tersebut, Danau Toba gencar dipromosikan ke negara-negara fokus pasar, yaitu ASEAN (Malaysia dan Singapura), Eropa (Belanda dan Prancis), Australia, dan Amerika Serikat.

“Surabaya menjadi tujuan sales mission Danau Toba karena Surabaya menjadi kota terbaik dalam pariwisata tahun 2018 dan terbaik secara infrastruktur,” ujar Rahma di Surabaya, Jumat (14/9) kemarin.

“Di samping dalam negeri, misi penjualan Danau Toba juga dilakukan di luar negeri. Kita menggelar sales mission Danau Toba di Hotel Renaissance Bangkok Ratchaprasong Thailand pada 10 Mei 2018, dilanjutkan di Hotel Furama Singapura (3/9) dan dihadiri 30 buyers potensial di masing-masing negara,” ujar Rahma.

Untuk kegiatan misi penjualan destinasi Danau Toba di dalam negeri berlangsung di lima kota besar, yakni Yogyakarta (7-9 September), Surabaya (14-16 September), dan Semarang (28-30 September) serta Bandung dan Jakarta. (wol/aa/vvn/data1)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Membuka Potensi Desa Wisata Pulo Sibandang di Danau Toba

MUARA,Waspada.co.id – Kekayaan yang dimiliki Danau Toba membuat Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tiada henti mengeksplorasi potensi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: