Home / Ragam / Kembangkan Wisata Danau Toba, Humbang Hasundutan Jadi “Pilot Project”
WOL Photo

Kembangkan Wisata Danau Toba, Humbang Hasundutan Jadi “Pilot Project”

Waspada.co.id – Terus Mendukung Pariwisata Sumatera Utara, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menggelar launching “Pilot Project Homestay dan Tourist Guide” di Desa Tipang, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis (20/9) kemarin.

Menteri Pariwisata RI, Arif Yahya menuturkan bahwa beberapa tahun terakhir terjadi proses transformasi ekonomi nasional, dengan mengandalkan sumber daya alam (SDA) yang dapat menciptakan nilai tambah Yang baik dan tinggi.

‎”Dan pariwisata menjadi salah satu prioritas yang didorong dan berpotensi meningkatkan value added. Sektor ini tidak hanya meningkatkan devisa nasional, tapi juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar,”tuturnya.

Untuk mendorong penumbuhan wirausaha, pemerintah membuat pilot project kewirausahaan pada Homestay dan Tourist Guide di Humbang Hasundutan yang memiliki potensi.

“Tentu kewirausahaan bisa dibangun dengan modal yang tidak terlalu besar, sehingga seluruh lapisan masyarakat didorong menjadi wirausaha, bertujuan untuk meningkatkan perekonomian juga,” ungkapnya.

Kabupaten Humbang Hasundutan dipilih sebagai Pilot Project karena selain berlokasi di Danau Toba, wilayah ini juga salah satu dari 10 Destinasi Wisata prioritas nasional yang memiliki potensi pariwisata yang besar.

“Karena Danau Toba yang dijuluki ‘Monaco of Asia’, Geopark Kaldera Toba yang saat ini dalam proses meraih penghargaan dari UNESCO dalam bidang geologi, biologi, dan kebudayaan dan Sipinsur yang merupakan puncak vegetasi tanaman pinus,” terang Arif Yahya.

“Sejalan dengan itu, Presiden Joko Widodo, yang memprioritaskan pembangunan infrastruktur tiga tahun terakhir, kini memfokuskan pengembangan sumber daya manusia,”‎ lanjutnya.

Senada juga disampaikan oleh Direktur Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo, bahwa adanya pengembangan Homestay dan Tourist Guide di Humbang Hasundutan akan menunjang pembangunan ekonomi masyarakat dan tentunya kualitas wisata di Kawasan Danau Toba.

“Tentu kita berharap dengan penumbuhan kewirausahaan ini dapat menarik minat wisatawan guna meningkatkan kunjungan ke Danau Toba, serta tercapai program Pemerintah dalam mewujudkan 2019 dengan satu juta wisman,” pungkasnya.(wol/rls/data2)

Check Also

Danau Toba Tetap Destinasi Wisata Dunia Pasca Kecelakaan Kapal

Waspada.co.id – Pemerintah Indonesia terus melakukan perbaikan transportasi penyeberangan di Danau Toba paska tenggelamnya Kapal ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: