_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Kalah dari Vietnam, Kopi Indonesia Sulit Tembus Pasar Thailand
WOL Photo

Kalah dari Vietnam, Kopi Indonesia Sulit Tembus Pasar Thailand

POPULARITAS kopi Indonesia semakin diakui kancah internasional, namun hingga saat ini, masih ada negara yang sulit ditembus oleh para produsen kopi Nusantara yakni Thailand.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia dan Vietnam memang bersaing ketat dalam mengekspansi pasar kopi mereka di dunia. Gaung kopi Indonesia sebetulnya bukan tidak terdengar, tapi informasi yang didapat oleh konsumen-konsumen mancanegara masih terbilang minim.

Hal tersebut diungkapkan secara gamblang oleh Steven Tan, selaku Executive Director of Singapore Coffee Association. Pria berkebangsaan Thailand itu mengatakan, di negara asalnya, para penggiat kopi hanya mengenal produk kopi robusta Indonesia.

Informasi seputar spesies kopi lainnya terbilang sangat minim, bahkan tidak ada sama sekali.

“Ketika berbicara kopi Indonesia, kami tidak tahu sama sekali. Dulu kita sempat import robusta, karena kami pikir Indonesia hanya memproduksi produk-produk kopi komersial bukan specialty coffee,” papar Steven Tan, di Festival Kopi Nusantara, Taman Fatahillah, Kota Tua Jakarta.

Padahal, Steven melanjutkan, total kopi yang dikonsumsi oleh masyarakat Thailand terus meningkat setiap tahunnya, mencapai 60 ribu ton per tahun. Namun, kebanyakan di antara mereka hanya mengenal produk-produk kopi dari Afrika Selatan.

Mereka belum menyadari potensi kopi yang dimiliki kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia. Tidak hanya itu, dari aktivitas ekspor impor sendiri, kawasan ini sebetulnya sudah diperbantukan oleh kehadiran AFTA (ASEAN Free Trade Area), di mana pajak penjualan hanya berkisar 5% dari harga jual.

Check Also

TANAMERA Temani Penikmat Kopi di KNIA

Waspada.co.id – Saat ini, mengonsumsi kopi telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat dunia. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.