Breaking News
Home / Ragam / Jurnalis Sekolah Kian Jadi Ekskul Favorit
WOL Photo

Jurnalis Sekolah Kian Jadi Ekskul Favorit

MEDAN, WOL – Kegiatan ekstrakurikuler selalu menjadi salah satu pilihan bagi siswa yang ingin mengasah kemampuannya di luar pendidikan formal. Kegiatan ini bisa dijumpai di setiap jenjang pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi.

Tentunya ekskul bertujuan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar akademik. Salah satu kegiatan ekskul jurnalis sekolah di Yayasan Pendidikan Teladan Medan, Jalan Bersama/Pertiwi, Kecamatan Medan Tembung, tercatat sebagai salah satu favorit di sekolah tersebut.

Ekskul yang sudah berjalan selama setahun lebih ini telah banyak membuat berbagai tulisan peliputan baik kegiatan dalam maupun luar sekolah seperti studi banding dan praktik. Pembina Ekskul Jurnalis YPT Teladan Medan, Tamrin Manurung, mengatakan ekskul ini terbentuk menurut gagasan dari pihak yayasan yang menginginkan para pelajar juga mahir dalam buat sebuah tulisan yang bisa dibaca banyak orang.

“Maka terbentuklah ekskul jurnalis sekolah, saat ini anggota yang bergabung ada 43 orang yang terdiri atas tiga angkatan mulai kelas X, XI, dan XII,” jelasnya kepada Kreasi, Rabu (31/8).

Dikatakan, sudah banyak kegiatan peliputan yang dilakukan tim Jurnalis Sekolah, mulai dari kegiatan internal sekolah maupun kegiatan-kegiatan di luar sekolah. Mulai dari kegiatan Paskibra, Pramuka, marching band, karate, modern dance sampai olahraga. Para siswa setiap minggunya juga diskusi peliputan dan belajar beberapa hal tentang ilmu jurnalisme.

“Sejauh ini memang belum ada dibuat semacam workshop untuk pelatihan jurnalis sekolah, tapi ke depannya kami punya rencana mendatangkan praktisi media yang lebih banyak pengamalan dan ilmu untuk dibagi ke anggota jurnalis sekolah,” harapnya.

Ketua Ekskul Jurnalis Sekolah, Ryan, mengaku bangga bisa menjadi seorang jurnalis sekolah. Karena, menurutnya, kegiatan jurnalistik itu menyenangkan dan menambah pengalaman.

“Senang dan bangga bisa jadi bagian di jurnalis sekolah. Pasalnya, setiap kegiatan sekolah, baik di dalam maupun di luar kita yang liput dan tulis, setelah itu dijadikan buletin dan ditempel di mading. Senang rasanya tulisan kita dibaca dan berguna bagi orang banyak,” pungkas Ryan.(wol/aa/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Ada Konspirasi Besar di Balik Kisruhnya Pedagang Pasar Pringgan

MEDAN, WOL – Anggota Komisi C DPRD Medan, Mulia Asri Rambe, meminta pedagang Pasar Pringgan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: