Home / Ragam / Gaya Hidup / Jepang Kembangkan Daging Wagyu Khusus untuk Vegetarian
Ilustrasi steak. (Foto: Metro)

Jepang Kembangkan Daging Wagyu Khusus untuk Vegetarian

agregasi

 

PENCINTA steak tentu sudah paham betul dengan daging wagyu, salah satu daging paling mahal di dunia. Wagyu beef digadang-gadang sebagai varian daging paling berkualitas yang ada di planet ini, karena diperlukan spesial.

Nah, berbicara soal wagyu beef, salah satu produsen bahan makanan tersebut akan menciptakan olahan wagyu tanpa menggunakan daging sama sekali. Hidangan ini pun tidak akan menyebabkan satu ekor sapi terluka.

Selidik punya selidik, kreasi wagyu beef ini ternyata merupakan hasil kolaborasi Toriyama dan perusahaan penyuplai protein, JUST. Setelah melakukan sejumlah eksperimen, kedua perusahaan itu berhasil menemukan formula untuk membuat wagyu beef berbasis “clean protein” atau protein bersih.

Bagi Toriyama, hasil eksperimen itu secara tidak langsung membuka jalan untuk mendapatkan pasar yang lebih luas. Bagaimana tidak? Mereka mampu menghasilkan lebih banyak daging wagyu daripada seluruh peternakan yang ada di wilayah mereka. Kualitasnya pun diklaim tidak kalah dibandingkan daging sapi asli dengan harga yang lebih terjangkau.

Demikian dilansir Okezone dari Foodbeast, Rabu (12/12/2018). Program clean protein yang diusung Toriyama dan JUST tersebut memang masih dalam tahap pengembangan, guna meningkatkan ketahanan pangan di seluruh negara. Sebelumnya, mereka telah memproduksi telur dan daging ayam berbasis protein nabati.

Saat ini, keduanya tengah melakukan penelitian lebih lanjut untuk meniru corak daging atau ‘marble’ seperti yang terdapat pada permukaan daging wagyu. Kontrak tersebut baru saja ditandatangani dan pengembangannya masih berada dalam tahap awal.

Sebelumnya, perusahaan ini memang telah memproduksi telur orak-arik yang diproduksi dari tanaman dan kemudian beralih ke daging ayam. Jika JUST berhasil membuat daging wagyu menggunakan teknik agrikultur, maka akan sangat menguntungkan bagi mereka.

JUST mengklaim bahwa produk pertama mereka masih dalam bentuk daging cincang atau daging giling. Mereka berharap, dalam waktu dekat ini dapat menjual potongan daging yang seutuhnya.

Belum diketahui secara pasti, kapan wagyu beef berbasis protein nabati ini akan dijual di pasaran. Namun satu yang pasti, hasil eksperimen Toriyama dan JUST membawa angin segar bagi para kaum vegetarian dan vegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: