Home / Ragam / Gaya Hidup / Jatuh Cinta Ternyata Bikin Awet Muda Lho!
Ilustrasi
Ilustrasi

Jatuh Cinta Ternyata Bikin Awet Muda Lho!

agregasi
agregasi

 

SERING stres bisa membuat seseorang cepat tua. Tapi jika Anda selalu melakukan kebiasaan baik, bisa meningkatkan fungsi daya otak dan membuat Anda tetap awet muda.

Setiap hari, seseorang butuh istirahat yang cukup agar energi tetap stabil. Saat beraktivitas fisik, jangan memaksa tenaga untuk menyelesaikannya.

Seseorang juga punya tingkat stres yang berbeda-beda. Apalagi wanita dipengaruhi oleh hormon estrogen yang membuatnya moody atau hal lain.

Karena itu, untuk mencegah tubuh dari stres, lalu dampaknya baik untuk membuat Anda terlihat awet muda, lakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang menyenangkan.

Psikolog Dr Mehmet Oz menyebutkan lima kebiasaan yang harus dilakukan agar terhindar dari penuaan. Simak ulasannya berikut, dilansir Fitnessmagazine:

Istirahat cukup

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres menyebabkan perubahan fisik dalam tubuh yang dapat mempercepat penuaan. Lonjakan dari hormon adrenalin dan kortisol, menyebabkan tekanan darah dan detak jantung meningkat. Saat stres, aliran darah jadi terhambat dan emosi terganggu. Karena itu, Anda butuh istirahat yang cukup setiap hari agar bebas dari cemas, depresi, rasa khawatir, hingga berujung stres yang menyebabkan Anda tidak awet muda.

Yoga

Lakukan yoga setiap hari, karena selain membuat tubuh Anda sehat, juga pikiran menjadi rileks. Studi yang dilakukan oleh dokter dari Massachusetts Hospital di Boston menunjukkan, meditasi atau yoga membantu mencegah penuaan dan penurunan fungsi otak sesuai usianya. Lakukan yoga setidaknya dalam waktu 10-20 menit yang berkualitas.

Konsumsi lemak baik

Makanan yang mengandung lemak baik dan asam omega 3 bisa membuat Anda tampak awet muda. Biasanya ditemukan dalam ikan salmon, kenari, dan biji-bijian lainnya. Cara ini membantu menstabilkan suasana hati, mempertahankan kekuatan tulang, dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan, serta mengurangi peradangan dalam tubuh.

“Omega-3 meningkatkan kemampuan enzim tubuh yang bisa memberikan energi dan kulit lebih bercahaya,” kata Dr Mehmet.

Olahraga teratur

Olahraga teratur membantu Anda menurunkan berat badan, melemahkan otot, membangun tulang yang sehat dan meningkatkan mood. Studi yang dikutip oleh Institut Nasional menyebutkan, ketika seseorang melakukan latihan fisik akan mengurangi penuaan dan meningkatkan daya ingat otak. Anda bisa melakukan olahraga apapun, termasuk jalan kaki 10 menit sehari. Manfaatnya, 40% bisa mencegah alzheimer di usia tua kelak.

Jatuh cinta

Pasti Anda pernah merasakan jatuh cinta dan membangkitkan semangat beraktivitas. Jatuh cinta bisa membuat orang jadi termotivasi dan tampak bahagia. Orang yang mengalami hal ini, biasanya jauh dari stres.

“Saat jatuh cinta, tubuh seseorang bisa mengeluarkan hormon oksitosin pemicu stres yang merugikan,” tambahnya.

Makan buah

Ada alasan yang baik untuk seseorang supaya rajin makan buah. Studi menunjukkan, banyak jenis superfruit yang membuat orang suka makan dan membuat suasana hatinya bahagia. Delima adalah salah satu superfruit yang menyehatkan tubuh. Anda yang mengonsumsi buah itu bisa mencegah stres, melindungi kulit agar tetap sehat, hingga menurunkan risiko penyakit alzheimer.

Check Also

(foto via The Idle Man)

Penampilan Busana Pria Dipercaya Memikat Hati Wanita

WOL – Gaya busana dan penampilan merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan. Sebab, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.