Home / Ragam / Kesehatan / Jarang Disadari, Ini 5 Tanda yang Mengindikasikan Kanker Usus
Ilustrasi (Foto: Express)
Ilustrasi (Foto: Express)

Jarang Disadari, Ini 5 Tanda yang Mengindikasikan Kanker Usus

agregasi
agregasi

 

PREVALENSI kanker usus di Indonesia cukup tinggi. Kebanyakan yang terkena penyakit ini adalah pria. Walau begitu, wanita harus tetap waspada terhadap gejalanya.

Sayangnya, gejala kanker usus seringkali tidak disadari karena termasuk umum. Melansir Express, Selasa (13/2/2018), berikut sejumlah gejala kanker usus yang perlu diwaspadai:

Pendarahan di anus

Bila Anda secara tidak sengaja melihat celana berdarah atau ada bercak di bangku yang keluar dari anus, itu bisa jadi gejala kanker usus. Darah berwarna merah atau hitam bisa berasal dari usus. Akan tetapi, keluarnya darah bisa juga karena pembengkakan pembuluh darah (hemoroid). Untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan ke dokter.

Benjolan

Bila Anda menemukan benjolan di perut atau tubuh bagian belakang itu juga bisa menjadi penanda kanker usus. Benjolan bisa terasa sangat menyakitkan bila tidak diatasi. Hal itu tentu mengganggu kehidupan sehari-hari termasuk makan dan tidur.

Kelelahan

Kelelahan adalah tanda peringatan kanker usus karena terjadi kekurangan zat besi dalam tubuh sehingga menyebabkan anemia. Seseorang yang kekurangan sel darah merah biasanya merasa sangat lelah dan kulit terlihat pucat.

Perubahan kebiasaan buang air besar

Salah satu gejala kanker usus yang mudah disadari adalah kebiasaan buang air besar. Idealnya orang buang air besar paling tidak sekali sehari dan terjadi di pagi hari. Apabila Anda menemukan perubahan kebiasaan buang air besar lebih dari tiga minggu, segeralah periksa ke dokter.

Penurunan berat badan

Ini merupakan tanda yang tidak begitu spesifik. Namun cukup sering dialami. Bila penurunan berat badan terjadi dengan gejala lainnya bisa mengindikasikan kanker usus. Tanda lainnya adalah Anda tidak nafsu makan.

Check Also

benarkah-pola-pikir-memengaruhi-kesehatan-anda-81lrTGqIUl

Benarkah Pola Pikir Memengaruhi Kesehatan Anda?

  POLA pikir dan kesehatan ternyata memiliki hubungan yang sangat erat. Riset terbaru mengungkap hubungan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.