Home / Ragam / Gaya Hidup / Jangan Salah Pilih, Ini 3 Vitamin Penting untuk Tumbuh Kembang Anak
Ini vitamin yang penting untuk anak (Foto: Thesun)

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Vitamin Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

ANAK-anak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup selama masa pertumbuhan. Namun kadang kala ada kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi seperti vitamin tertentu. Oleh karenanya, ada orangtua yang memilih memberikan anaknya suplemen guna memenuhi kebutuhan nutrisi.

Tapi di sisi lain, masih ada orangtua yang merasa bingung suplemen apa yang sebaiknya diberikan kepada anak. Menurut ahli gizi Rhiannon Lambert, sangat penting bagi anak-anak untuk memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi karena mengoptimalkan pertumbuhan dan melawan penyakit. Sebagian besar kebutuhan itu bisa didapatkan melalui jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

“Tapi beberapa suplemen yang mengandung vitamin tertentu disarankan untuk diberikan pada anak-anak. Sebab seringkali mereka sulit mendapatkan semua vitamin yang dibutuhkan dari makanan saja. Terlebih pada anak yang memilih-milih jenis makanan,” ujar Rhiannon seperti yang dikutip Okezone dari The Sun, Selasa (12/3/2019). Lantas, suplemen vitamin apa saja yang harus diberikan? Berikut ulasannya :

Vitamin A

Jenis vitamin ini banyak ditemukan dalam produk susu, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, wortel, ubi jalar, dan mangga. Tapi anak-anak mungkin tidak mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak. Padahal vitamin A dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan, membantu penglihatan, dan membuat kulit tetap sehat.

Vitamin C

Vitamin yang ini dapat terpenuhi kebutuhannya apabila anak mengonsumsi banyak variasi makanan. Namun sayangnya itu sulit dilakukan. Oleh karenanya suplemen vitamin C dibutuhkan karena vitamin tersebut penting bagi sistem kekebalan tubuh dan membantu menyerap zat besi.

Vitamin D

Kesehatan tulang, otot, dan gigi sangat penting bagi pertumbuhan anak. Semuanya bisa terjaga jika anak mendapatkan asupan vitamin D dalam jumlah cukup. Meskipun bisa didapatkan melalui sinar matahari, tapi itu belum cukup. Maka bisa didapatkan melalui suplemen. Ada pun makanan yang mengandung vitamin D antara lain ikan berminyak seperti salmon dan sarden, daging merah, serta kuning telur.

Vitamin B, E, dan K tidak memerlukan suplemen karena bisa didapatkan melalui diet seimbang dan seringkali kebutuhannya terpenuhi dengan baik.

Check Also

96 Kantong Darah Siap Bantu Anak Penderita Kanker

Waspada.co.id – Sebanyak 96 kantong darah berhasil terkumpul melalui kegiatan Donor Darah Yayasan Ongkologi Anak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: