Home / Ragam / Kesehatan / Jangan Panik! Sering Kentut saat Berpuasa, Ini yang Sebenarnya Terjadi pada Tubuh Anda
llustrasi (Foto: Boldsky)

Jangan Panik! Sering Kentut saat Berpuasa, Ini yang Sebenarnya Terjadi pada Tubuh Anda

agregasi
agregasi

 

SAAT berpuasa, maka tubuh dibiarkan tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurun waktu tertentu. Kondisi perut kosong seperti ini ternyata membawa dampak yang beragam.

Salah satunya adalah sering kentut dan beberapa kasus sering sendawa. Tapi, bagaimana bisa kentut kalau perut saja kosong? Apakah ini tanda atau gejala penyakit tertentu?

Tenang, kondisi sering kentut saat puasa ternyata bukan sesuatu yang membahayakan. Anda mesti tahu dulu bahwa kentut bisa terjadi karena adanya gas dalam usus. Gas dalam usus ini faktor pembentuknya beragam, salah satunya dari udara yang kita hirup setiap harinya. Tidak hanya itu, gas juga bisa muncul karena reaksi kimia atau gas yang berasal dari bakteri dalam perut.

Lalu, bagaimana bisa perut kosong tapi kok kentut terus?

Beberapa referensi menjelaskan lebih detail lagi bahwa proses kentut atau dalam istilah medisnya adalah flatuensi bisa terjadi karena adanya gerakan peristaltik atau meremas yang ada di dalam usus besar, yang mana ini nermula dari udara yang mengandung oksigen masuk melalui darah dan berada di organ dalam tubuh.

Di dalam usus, proses reaksi kimia terjadi antara asam perut dengan cairan usus sehingga menghasilkan gas karbondioksida. Nah, kondisi ini yang membuat gerakan peristaltik akan mendorong semua yang ada di perut (terutama di usus nesar) menuju saluran yang lebih bawah (anus, Red) dan terjadilah kentut.

Kembali, lalu bagaiman dengan kondisi berpuasa? Sadar atau tidak, saat Anda sahur atau berbuka puasa, Anda biasanya mengonsumsi lebih banyak protein. Nah, protein ini yang kemudian membuat Anda lebih sering kentut.

Semakin banyak nutrisi protein yang dimakan, semakin sering seseorang akan kentut. Untuk kasus sering kentut sendiri, ada pengaruh lain yakni penyempitan rongga usus besar. Apalagi, kalau kurang makan atau puasa!

Ketika kondisi sedang menyempit, maka gerakan peristaltiknya juga akan semakin pelan, maka proses mendorong gas dari usus besar akan semakin sering. Karena sering inilah, teradi penumpukan gas yang menyebabkan seseorang menjadi sering kentut dan ini menjawab kenapa saat puasa Anda sering kentut. Jadi, ya, sangat wajar Anda kentut berlebih saat berpuasa.

Check Also

Intip Aneka Takjil di Berbagai Negara, Kebanyakan Makanan Manis

  TIDAK lengkap rasanya berbuka puasa tanpa menikmati takjil terlebih dahulu. Meskipun ada banyak ragam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: